Jumat, 29 Mar 2019 08:18 WIB

Parkir di Bawah Pohon Bisa Rusak Lapisan Coating Mobil

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: ABC Foto: ABC
Jakarta - Tren penggunaan coating untuk melapisi cat pada mobil sedang marak dilakukan. Keuntungannya pemilik kendaraan tidak perlu repot lagi melakukan perawatan berkala.

Namun patut digarisbawahi meski minim perawatan bukan tidak lepas yang namanya perhatian. Beberapa hal kecil dapat merusak lapisan coating, seperti yang disampaikan Brand Manager System X Indonesia, Arta Alfatha di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Yang pasti ngerusak itu namanya hujan karena mengandung zat asam, kemudian kotoran burung itu biasanya ngerusak," ujar Arta.



Bodi mobil sangat rentan terhadap berbagai jenis korosi, baik akibat garam, pasir, asap, polutan, serangga, kelembaban hingga sinar UV. Nano ceramic sebagai bahan utama coating memberikan pelapisan keramik untuk perlindungan jangka panjang yang tidak mudah hilang karena pencucian.

Tidak hanya itu, posisi tempat parkir mobil juga tak bisa sembarang. Namun coating yang digunakan System X Indonesia mengklaim dapat memberikan perlindungan optimal dari sinar UV untuk cat mobil Anda yang dapat mencegah kerusakan dan pudarnya warna di kemudian hari.



"Contoh kalau misalkan kita parkir sembarangan, parkir di bawah pohon, pasti lama kelamaan lapisan coating akan mengikis, karena dikhawatirkan ada yang namanya getah atau kotoran burung," kata Arta.

Bila didiamkan terlalu lama, coating pun dapat menjadi rusak dan tentunya bodi mobil akan ternodai.

"Efeknya akan ada bercak, seperti tompel-tompel, kalau bisa setelah melihat kotoran segera dibersihkan, tinggal disemprot saja dan dilap menggunakan microfiber," tambah Arta. (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed