Minggu, 17 Mar 2019 18:11 WIB

Berdiri Keluarkan Badan Lewat Sunroof Tetap Hati-hati!

Rizki Pratama - detikOto
Prabowo memanfaatkan fitur sunroof di mobil. Foto: Dok. BPN Prabowo-Sandiaga Prabowo memanfaatkan fitur sunroof di mobil. Foto: Dok. BPN Prabowo-Sandiaga
Jakarta - Memiliki mobil yang ada sunroofnya memang membuat penumpangnya bisa mengeluarkan sebagian tubuh agar bisa terkena terpaan angin langsung. Namun hal ini perlu memerhatikan beberapa risiko dan situasi tertentu agar terhindar dari kecelakaan yang berbahaya.

Fitur ini kerap dimanfaatkan oleh Prabowo Subianto ketika menyapa pendukungnya. Beberapa kali, Prabowo mengeluarkan badan melalui sunroof mobil untuk menyapa pendukungnya. Tapi tak cuma Prabowo, Joko Widodo (Jokowi) juga pernah melakukan hal yang sama.

Jokowi nongol di sunroof mobil saat di Nabire. Jokowi nongol di sunroof mobil saat di Nabire. Foto: Danu Damarjati/detikcom


Jokowi memanfaatkan sunroof mobil ketika kunjungannya ke Kabupaten Nabire, Provinsi Papua, akhir 2017 lalu. Saat itu, Jokowi muncul dari sunroof mobil Toyota Land Cruiser hitam.



Secara fungsi pada dasarnya sunroof diciptakan sebagai media pertukaran udara layakanya jendela mobil. Sangat direkomendasikan oleh ahli keamanan berkendara untuk tidak membukanya pada cuaca buruk seperti angin kencang dan hujan.

"Secara fungsi adalah sebagai media pertukaran udara yang lebih segar. Tidak direkomendasikan dibuka pada saat kondisi luar tidak kondusif seperti saat hujan, angin, debu dan lain lain," ujar Instruktur Rifat Driver Labs, Andry Berlianto saat dihubungi detikcom (17/3/2019).



Berdiri saat sunroof terbuka dengan mobil melaju pada kecepatan tinggi memiliki risiko besar terjadi kecelakaan. Hal ini dikarenakan pada saat kendaraan mengerem kondisi penumpang dapat terguncang dan tidak stabil.

"Jika ada penumpang yang berdiri saat sunroof terbuka dan kecepatan mobil sedang tinggi maka risiko celaka juga tinggi karena saat kendaraan melakukan pengereman, kondisi badan penumpang sedang dalam posisi tidak stabil dan dapat terguncang ke depan dan belakang," lanjut Andry.



Andry menyarankan jika ingin mengeluarkan sebagian anggota tubuh melalui sunroof dilakukan pada saat mobil berhenti atau dalam kecepatan rendah. Selain itu tak lupa juga pada saat mengeluarkan tubuh dari sunroof untuk tetap waspada terhadap sekitar agar terhindar dari benda-benda berbahaya di sekitarnya.

"Jika ingin ada penumpang mengeluarkan anggota badan disarankan pada saat kondisi mobil berhenti/diam atau pada kecepatan yang amat sangat rendah. Waspadai objek di luar kendaraan saat ada penumpang yang sedang mengeluarkan anggota badan seperti portal, ranting, tiang dll," papar Andry. (rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed