Sabtu, 02 Feb 2019 20:11 WIB

Mau Aki Mobil Awet? Simak Perawatannya

Ridwan Arifin - detikOto
Aki mobil Foto: Dadan Kuswaraharja Aki mobil Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Aki menjadi komponen penting untuk menyuplai listrik seperti head lamp, lampu sign, dan lampu indikator lainnya. Tentu perawatan pada aki dirasa perlu untuk menjaga dalam kondisi prima, namun untuk jenis aki kering bisa dikatakan free maintenance atau bebas tahan lama.

Namun seperti yang diungkapkan Hendra Susanto founder Wuling Club Indonesia (WLCI) ada salah satu keluhan anggota seperti kondisi aki yang cepat soak. Hendra yang juga memiliki bengkel sejak 10 tahun yang lalu ini punya cara sendiri untuk mengatasinya.



"Kilometer sudah hampir mau 30 ribu, sudah mau dua tahun masa pakainya, teman-teman (pengguna Wuling) rata-rata sudah pada ganti aki, mereka nanya pakai apa, saya bilang pakai black box," canda Hendra sembari tertawa.

"Sebenarnya saya cuma pakai Voltage Stabilizer, fungsinya untuk menstabilkan tegangan alternator yang cenderung bisa tinggi atau rendah," ungkap Hendra.

"Nah dengan voltage stabilizer itu (naik turunnya tegangan) diredam jadi akan stabil, misal pada saat starter awal, aki akan bekerja lebih keras, nah dengan perangkat ini berupa capasitor bank untuk menstabilkan arus listrik akan menyuplai, membuat tegangan aki lebih stabil," jelas Hendra.

Hal terpenting lainnya juga perlu diperhatikan penggunaan aksesori yang mempengaruhi beban aki.



Hendra juga menyarankan bila tidak menggunakan mobil dalam jangka waktu yang lama lebih baik untuk melepaskan kabel aki mobil dari terminal penghubungnya.

Hal ini bertujuan untuk menghindari aliran listrik yang terus menerus. Jika dibiarkan terus menerus maka akan berakibat pada aki mobil yang menjadi tekor atau soak.

InfografisInfografis jumper aki mobil yang soak Foto: Mindra Purnomo
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed