Senin, 31 Des 2018 16:54 WIB

Biar Nyetir di Malam Tahun Baru Nggak Ngantuk

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Pergantian tahun malam nanti menjadi momen yang ditunggu-tunggu banyak orang. Banyak pula masyarakat yang ingin merayakan tahun baru dengan membawa kendaraan pribadi.

Namun, karena pergantian tahun dirayakan tengah malam nanti, kantuk menjadi tantangannya. Mengemudi kendaraan bermotor dalam keadaan mengantuk sangat tidak disarankan karena membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Andry Berlianto Instruktur RDL (Rifat Drive Labs) memberikan tips aman berkendara saat merayakan pergantian tahun. Agar tidak mengantuk saat mengemudi kendaraan sendiri, sebaiknya atur waktu perjalanan.



"Atur waktu perjalanan dan batasi kegiatan, disiplin membatasi waktu agar tidak terjadi kelelahan berlebih," kata Andry kepada detikOto, Senin (31/12/2018).

Kalau sudah mengantuk berat, sebaiknya lakukan pergantian pengemudi. Jangan paksakan mengemudi dalam keadaan mengantuk.

"Istirahat (tidur) sebelum perjalanan agar waktu tidur cukup, efeknya badan bisa lebih fit," ujarnya.

Andry menegaskan, bagi Anda yang ingin menghabiskan malam pergantian tahun menggunakan kendaraan pribadi, jangan mengonsumsi alkohol. Sebab, sangat tidak disarankan mengemudi dalam keadaan mabuk.

"Hindari asupan alkohol karena mampu mengurangi level konsentrasi saat mengemudi. Termasuk obat-obatan terlarang dan narkoba. Gunakan angkutan umum (taksi dll) jika dirasa tidak cukup fit untuk mengemudi," saran Andry.

Sebelumnya, Andry juga memberikan tips aman berkendara selama menikmati malam pergantian tahun. Pastikan kondisi pengendara, penumpang dan kendaraan dalam kondisi prima menjadi penting agar bisa lebih menikmati perjalanan malam tahun baru.

Andry kembali mengingatkan pentingnya menggunakan perangkat keselamatan berkendara. Pastikan Otolovers yang berkendara roda dua tetap mengenakan helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu. Juga untuk pengendara mobil kenakan sabuk pengaman selama perjalanan.

"Cek rute-rute pilihan sesuai kemampuan, kemacetan adalah risiko, jadi tekan emosi serendah mungkin," ujar Andry.

Andry mengingatkan, biasanya malam pergantian tahun cukup padat lalu lintasnya. Kemacetan panjang kerap tidak bisa dihindarkan di titik-titik tertentu di mana pusat perayaan pergantian tahun berada.



"Untuk itu, pastikan bahan bakar diisi penuh sebelum perjalanan untuk menekan efek habis bensin sepanjang kemacetan," katanya.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Andry menyarankan agar menjaga barang-barang berharga tetap dalam jangkauan dan hindari dari mata-mata usil di luar kendaraan untuk menekan angka kejahatan.

"Patuhi arahan petugas (kepolisian, dishub dll) dan tidak mengambil kesempatan pesta malam tahun baru untuk melanggar banyak rambu-rambu dan peraturan. Hargai sesama pengguna jalan untuk bisa saling menikmati malam pergantian tahun," katanya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com