Minggu, 14 Okt 2018 10:30 WIB

Habiskan Akhir Pekan dengan Main Mobil Offroad, Ini Tipsnya

Rizki Pratama - detikOto
Mobil offroad. Foto: Eko Susanto/detikTravel Mobil offroad. Foto: Eko Susanto/detikTravel
Bogor - Jika Anda suka mobil bertenaga besar dan keindahan alam, mencoba untuk menguji kemampuan dalam bermain mobil offroad merupakan sebuah kombinasi yang pas. Tapi sebelum Anda bermain tanah dan lumpur ada berbagai persiapan yang harus diperhatikan demi faktor keselamatan dan kepuasan dalam melakukan petualangan offroad.

Pada dasarnya untuk melalui lintasan offroad semua mobil standar berpenggerak 4x4 sudah cukup bagi Anda yang ingin uji adrenalin. Namun selain persiapan kendaraan, ada hal lain yang harus diingat dan diperhatikan sebelum menaklukkan rute yang ingin dilewati.



"Selama sudah 4x4 sudah cukup, cuma tergantung handicap atau track. Untuk track perlu dimodifikasi untuk menghasilkan performa terbaik," ujar Kepala Pengda Indonesia Offroad Federation (IOF) Jatim, Asnan yang ditemui detikoto di Kejurnas IOF 2018 Sirkuit Alam Sentul, Bogor.

Selain mobil yang akan digunakan, pengalaman serta kemampuan mengemudi menjadi hal yang mutlak agar mampu mencapai garis finis track yang dilewati. "Offroad itu menuntut driver untuk menguasai emosi. Driver yang bagus pasti bisa mengawal emosi, karena kalau tidak bisa mengendalikan emosi justru akan memperlama waktu tempuh karena kerusakan atau tidak lolos suatu rintangan," ungkap Asnan.



Persiapan bahan bakar cadangan juga menjadi bagian fundamental sebelum melakukan petualangan yang menantang menelusuri hutan belantara menggunakan mobil offroad. "Di tengah hutan tentu akan jauh dari peradaban. Paling penting ya ketersediaan bensin kalau habis ya nggak pulang," tambah Asnan.

Jika Anda tidak punya pengalaman dan baru akan mencoba, sangat disarankan untuk bergabung dengan klub atau ikut dengan pemain offroad yang sudah pernah melakukannya. "Jangan adventure sendiri ke hutan karena sangat berbahaya. Kami punya standar safety kami untuk offroad minimal berdua atau sebaiknya bertiga. Bergabung dengan klub akan lebih baik lagi karena akan menambah ilmu dan berbagi pengalaman," ujar Ketua Umum IOF Pusat, Askar Kartiwa.

Pria yang kerap disapa Akay ini juga mengingatkan kepada para driver offroad untuk tidak arogan dan menjaga kelestarian lingkungan. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed