Jumat, 21 Sep 2018 09:23 WIB

Drive with Rifat Sungkar

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Parkir di Tanjakan atau Turunan?

Rifat Sungkar - detikOto
Parkir mobil (Foto: Rachman Haryanto) Parkir mobil (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta - Mungkin di beberapa tempat, hal ini masih sering terjadi, yaitu lahan parkir yang lokasinya berada di tanjakan atau turunan. Mau tak mau, Anda harus memarkirkan kendaraan di tempat tersebut.

Namun jangan khawatir, pereli nasional Rifat Sungkar memberikan saran kepada Anda yang mungkin kedapatan harus memarkirkan kendaraan di lokasi yang menanjak atau menurun.



"Di parkir tanjakan atau turunan, yang harus kita antisipasi adalah laju kendaraan yang bisa lebih sulit dikontrol ketimbang parkir di jalan yang rata. Oleh sebab itu saya selalu menyarankan, agar setiap mobil yang masih menggunakan rem tangan tuas untuk wajib mengangkat tuas tersebut ketika memarkirkan kendaraan di tanjakan atau turunan. Apalagi jika titik kecuramannya sangat tinggi," ungkap Rifat Sungkar.

Rifat kemudian melanjutkan, sementara bagi Anda yang mungkin sudah menjadi konsumen dari mobil-mobil keluaran baru, tidak perlu terlalu khawatir pada masalah ini karena pada dasarnya banyak mobil keluaran baru yang sudah dilengkapi dengan fitur hill start assist atau beberapa fitur lainnya yang berfungsi untuk menjaga posisi kendaraan ketika berada di tanjakan.



"Dengan fitur semacam hill start assist ini, jika Anda mengangkat rem sekalipun, mobil tidak akan mundur ke belakang karena fitur ini sudah terintegrasi dan dapat membaca kontur jalanan. Jadi Anda tidak perlu khawatir saat harus memarkirkan kendaraan di tanjakan," pungkas Rifat. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed