Senin, 11 Jun 2018 05:05 WIB

Ini Trik Biar Bisa Hemat BBM Sepanjang Perjalanan Mudik

M Luthfi Andika - detikOto
Arus mudik di tol Cikampek. Foto: Isal Mawardi/detikcom Arus mudik di tol Cikampek. Foto: Isal Mawardi/detikcom
Jakarta - Tradisi mudik menggunakan kendaraan sudah menjadi kebiasaan setiap tahun di Indonesia. Untuk itu berkendara dengan baik dan benar, menjadi hal wajib yang harus dilakukan setiap pengendar agar Otolovers bisa sampai ke kampung halaman dengan selamat.

Nah ada satu hal penting lain yang tidak kalah penting untuk Otolovers perhatikan nih, yaitu bagaimana caranya agar saat berkendara kendaraan Otolovers tidak terlalu boros. Seperti yang disampaikan Service Departemen Head Daihatsu, Anjar Rosjadi, agar setiap kendaraan Otolovers tidak boros selama mudik.


"Kalau mau irit ikuti langkah-langkah ini saja," ujar Anjar.

Hal paling sederhana untuk bisa mendapatkan konsumsi bahan bakar yang irit saat berkendara adalah rencanakan perjalanan, hindari waktu dan jalan macet. Dengan merencanakan perjalan, otomatis estimasi perjalanan akan lebih mudah diprediksi.

Langkah kedua menurut Anjar yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan konsumsi bahan adalah berkendara dengan gentle, tidak agresif. Mengikuti aturan, dan berkendara dengan teratur tidak 'seradak-seruduk' juga bisa membuat kendaraan Otolovers semakin irit saat berkendara.

Ketiga untuk bisa mendapatkan konsumsi bahan bakar terbaik saat berkendara ialah lakukan perpindahan gigi pada putaran mesin 2.500-3000 rpm. Dan pertahankan laju kendaraan, dalam batas yang ditentukan, juga bisa menjadi cara jitu untuk bisa berkendara dengan irit.


Keempat, pasti banyak tidak sangka cara pengereman yang baik dan benar juga bisa buat kendaraan otolovers semakin irit lho. Karena menurut Anjar, hindari akselerasi dan rem mendadak. Injak pedal rem dengan lembut dan manfaatkan engine brake saat pengereman. Juga bisa menjadi cara jitu untuk menekan konsumsi bahan bakar.

Langkah kelima untuk bisa menekan konsumsi bahan bakar sat berkendara ialah dengan mengatur AC sesuai dengan kondisi cuaca, atau tidak berlebihan menggunakan AC.

Langkah keenam untuk bisa mendapatkan konsumsi bahan bakar terbaik bisa dilakukan jauh sebelum berkendara jauh. Yaitu dengan lakukan perawatan mesin secara berkala. Karena saat melakukan pengecekan berkala, otomatis kondisi kendaraan akan terus terjaga.

Langkah ketujuh, untuk bisa mendapatkan konsumsi bahan bakar terbaik juga bisa didapatkan dengan cara sederhana. yaitu pastikan tekanan angin ban sesuai standar, artinya rotasi ban juga jadi faktor penting.

Langkah kedelapan, jika memungkinkan disarankan untuk hindari menunggu lama dalam mobil dalam kondisi menyala. Saat semua langkah ini sudah dilakukan, dijamin kendaraan yang irit bahan bakar bisa didapatkan Otolovers saat mudik ke kampung halaman. (lth/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed