Sabtu, 09 Jun 2018 13:38 WIB

Mudik Lewat Jalan Tol Baru, Waspadai Hantaman Angin dari Samping

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Tol Pemalang-Batang. Foto: Selfie Miftahul Jannah Tol Pemalang-Batang. Foto: Selfie Miftahul Jannah
Jakarta - Mudik tahun ini lebih nyaman karena pemerintah menggenjot sudah infrastruktur berupa beberapa tol baru. Untuk pemudik yang memanfaatkan tol baru, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pereli nasional sekaligus duta safety driving, Rifat Sungkar, menyarankan pemudik harus mewaspadai cross wind atau angin yang bertiup dari samping di jalan tol baru tersebut. Menurutnya, faktor risiko yang membahayakan dari sebuah jalan tol adalah cross wind.



"Saya mengimbau bagi Anda yang melewati jalan tol baru untuk selalu waspada, karena biasanya jalan tol baru itu punya titik-titik rawan yang kita tidak tahu di mana. Dan biasanya, bahaya yang paling mengancam adalah gejala cross wind atau angin samping dan kita tidak akan pernah tahu seberapa kencang angin bertiup ke arah Anda," kata Rifat.

"Jadi mohon untuk jaga kecepatan kendaraan Anda dan patuhilah rambu-rambu di tol," sambungnya.



Terlepas dari itu semua, Rifat mengingatkan untuk selalu mempersiapkan moral kita sebagai pengemudi, karena sebagai pengemudi kita juga bertanggung jawab atas segala sesuatu yang menyangkut keselamatan. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed