Kamis, 26 Apr 2018 09:02 WIB

Biar Tak Sial Kayak Innova Ini, Begini Prosedur di Persimpangan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kurang hati-hati, Innova dan sebuah motor tabrakan di perempatan jalan. Foto: Pool (Youtube) Kurang hati-hati, Innova dan sebuah motor tabrakan di perempatan jalan. Foto: Pool (Youtube)
Jakarta - Berkendara di persimpangan dibutuhkan kehati-hatian. Jangan sampai, saat bertemu persimpangan pengendara malah tetap ngebut. Bisa-bisa terjadi kecelakaan.

Seperti kejadian yang menimpa Toyota Innova ini nih Otolovers. Bukannya melambatkan laju mobilnya saat di perempatan, pengendara Innova ini malah tancap gas. Alhasil sepeda motor Bajaj Pulsar 150 yang juga melintas di perempatan dengan kecepatan tinggi tertabrak oleh pengendara Innova ini.


Peristiwa itu terjadi di India. Tapi, kejadian serupa sering kali terjadi di Indonesia. Untuk menghindari hal itu, instruktur safety driving di Rifat Drive Labs, Andry Berlianto, berbagi tips prosedur yang tepat saat di persimpangan jalan.

"Gunakan pandangan sejauh mungkin dan maksimal dalam menyikapi keadaan dan lingkungan jalan. Saat mendekati persimpangan, idealnya kurangi kecepatan dengan lebih dulu cek spion untuk memonitor pergerakan kendaraan di belakang," kata Andry kepada detikOto, Rabu (25/4/2018).

Gerakkan kepala ke kanan-kiri dan ke kanan lagi saat mendeteksi persimpangan. Hal itu penting untuk mengamati pergerakan kendaraan lain di setiap sisi. Jika sudah aman dan melewati persimpangan, perlahan tambah kecepatan.


"Pengguna kndaraan di Indonesia seringkali lalai melakukan gerakan aman saat menghadapi persimpangan, alih-alih mengurangi kecepatan justru menambah kecepatan, ini yang berbahaya. Jadi selalu kurangi kecepatan saat akan menghadapi persimpangan agar kita punya waktu untuk bereaksi saat menghadapi situasi sulit," sebut Andry.

Saat mengemudi, lanjut Andry, mata pengendara harus selalu proaktif melihat situasi sekitar. Gunakan alat bantu spion dalam mengawasi lingkungan sekitar kendaraan. (rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed