Ini Cara Membersihkan Kotoran Burung Agar Kaca Mobil Tidak Lecet

Ruly Kurniawan - detikOto
Minggu, 11 Feb 2018 09:15 WIB
Ini Cara Membersihkan Kotoran Burung Agar Kaca Mobil Tidak Lecet. Foto: Jalopnik
Jakarta - Meskipun sudah dijaga dan diparkir di tempat yang disinylair aman, kemungkinan mobil mendapatkan noda menjengkelkan seperti kotoran burung masih ada. Nah, kalau sudah seperti ini sering kali para empunya kendaraan malas membersihkannya dan pada akhirnya kelir mobil menjadi 'cacat'.


Lantas bagaimana cara membersihkan kaca mobil yang terkena kotoran burung ya? Dilaporkan Jalopnik melansir Audubon, bila Otolovers mengalami hal tersebut jangan membiarkan kotoran terlalu lama menempel di mobil. Apalagi bila kendaraan sering digunakan dan berpanas-panasan karena dikotoran tersebut memiliki asam yang mampu membuat korosi pada cat mobil.


Lalu untuk cara membersihkannya, apabila kotoran tersebut baru menempel di mobil langsung saja lap dengan air soda dan handuk microfiber. Karena karbonasi dapat membantu kotoran tersebut tidak langsung berdampak ke cat mobil. Jangan gunakan tisu kasar (yang biasanya ada di kamar mandi) karena ia bisa membuat lecet dan meninggalkan serat atau kotoran membandel yang tipis di mobil.

Bila kotoran burung tersebut sudah mengeras, Audobon menyarankan agar merendam lap microfiber dengan pembersih mobil (seperti spray khusus mobil atau car cleaner) selama 10 sekitar menit. Lalu langsung bersihkan bagian yang dihinggapi kotoran burung tersebut dengan lembut, jangan terlalu keras agar cat tidak lecet.


Pencegahan tentu lebih baik daripada mengobati. Nah untuk berjaga-jaga, Otolovers bisa juga selalu menutup mobil dengan car cover bila parkir dibawah pohon. Atau bila tidak ingin repot, bisa juga beli pembersih kotoran burung khusus untuk mobil beserta lapnya. (ruk/dry)