Rabu, 24 Jan 2018 10:32 WIB

Ini Kelebihan Lampu Standar Ketimbang LED

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Ini Kelebihan Lampu Standar Ketimbang LED Foto: Khairul Imam Ghozali Ini Kelebihan Lampu Standar Ketimbang LED Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - Ada beberapa jenis lampu, yakni lampu standar dan Light Emitting Diode (LED). Untuk kendaraan lansiran baru sudah hampir semuanya menggunakan LED, namun ternyata lampu standar punya kelebihan ketimbang lampu LED.

Dijelaskan pegawai toko aksesori mobil Syifa Jaya, Ade, kelebihan ada dari segi pemasangannya jika terjadi kerusakan. Jika kerusakan terjadi pada satu bohlam, lampu LED tidak bisa hanya diganti pada satu bohlam yang rusak itu saja.

"Kalau misalkan matinya LED susah kalau sudah mati, nggak bisa diganti, LED-nya kan bohlamnya kecil-kecil, jadi kalau mati satu nggak bisa diganti cuma satu, mesti semua satu set," ujarnya saat ditemui detikOto, di Ps Dutamas Fatmawati lantai II, Fatmawati, Jakarta Selatan.

Bisa saja tidak diganti satu set hanya diganti pada bagian yang rusak, namun kata Ade, hal tersebut membuat hasil yang kurang memuaskan nantinya.

"Jadi gini kalau masalah LED jarang mati tapi sekalinya mati langsung di ganti, soalnya dari lemnya juga lem permanen, misalkan mau maksa dibenerin itu mesti dibongkar dulu, jadi nggak sempurna lagi," tuturnya.

Sedangkan untuk lampu standar lebih mudah jika terjadi kerusakan, karena gampang bila mau diganti dengan yang baru.

"Kalau bohlam biasa kan bisa di ganti, kalau putus gampang gantinya, kelebihan di situ," kata Ade. (khi/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed