Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 15 Agustus 2017, 13:57 WIB

Hati-hati, Salah Pakai Pengharum Mobil Bikin Evaporator Bocor

Dina Rayanti - detikOto
Hati-hati, Salah Pakai Pengharum Mobil Bikin Evaporator Bocor Ilustrasi AC mobil (Foto: SsangYong)
Tangerang - Pakai pengharum di dalam mobil memang sah-sah saja. Tapi sebaiknya jangan memilih yang menggunakan bahan-bahan kimia ya, Otolovers. Jika tidak, apalagi jarang membersihkan filter udara mobil maka bisa saja membuat evaporator karatan.

"Kita sering menyarankan jangan memakai chemical yang wangi-wangian dalam kendaraan itu efeknya di evaporatornya menjadi kayak banyak lumpur. Nah lumpur kalau tidak dibersihkan jadi korosi," ungkap Department Manager After Market Division PT Denso Sales Indonesia (DSIA), A. Reinard Winardi di arena GIIAS, ICE BSD, Tangerang.

Evaporator berlumpur yang karatan itu jika terus-menerus dibiarkan bisa menjadi bocor. Sehingga pengendara perlu mengganti evaporator dengan biaya yang tak sedikit.

"Evaporator kalau dibiarkan bocor harus ganti evaporator, mahal bisa Rp 500 ribu sampai Rp 1 jutaan," lanjut Reinard.

Ia menyarankan jika tetap ingin menggunakan wangi-wangian di dalam mobil sebaiknya berasal dari bahan alami seperti pandan atau kopi.

"Wangi-wangian alami taruh di mana saja di mobil kalau sedan ada yang di belakang, yang penting jangan mengganggu," tutur Reinard. (dry/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed