Risiko Punya Mobil Ceper, Kaki-kaki Cepat Rusak

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Rabu, 12 Jul 2017 07:39 WIB
Foto: Kuhl Racing
Jakarta - Membuat mobil menjadi lebih rendah, bahkan hampir menyentuh permukaan atau ceper, memang menjadi tren di dunia modifikasi mobil. Tapi siap-siap saja, mobil yang ceper akan sangat berpengaruh pada kaki-kaki.

Seperti yang dikatakan Pemilik Bengkel Uban Jaya Motor Spesialis Kaki-kaki mobil, Subhan. Mengubah mobil menjadi ceper akan mengurangi umur kaki-kaki mobil.

"Karena lebih neken, kerjanya lebih berat di kaki-kaki, bagian yang diambil paling pernya doang dipendekin, dari per dipotong kebanyakan. kalau per sudah dipotong, kaki sudah pendek, otomatis cepat rusak," ujarnya kepada detikOto, di Bintaro, Tangerang Selatan.

Risiko Punya Mobil Ceper, Kaki-kaki Cepat RusakFoto: Project Kahn


Jika kaki-kaki mobil standar bisa mencapai umur hingga tiga tahun, mobil yang dibuat ceper akan lebih cepat mendaptakan kendala sekitar satu tahun lebih cepat.

"Lebih cepat, jadi kerja keras kaki-kakinya, jadi lebih neken dia. Makanya cepet oblak, biaya perawatannya juga lebih banyak," pungkasnya.


Meme soal mobil ceperMeme soal mobil ceper Foto: Internet

Sedangkan untuk karakter usia konsumen yang rajin memeriksa kondisi kaki-kaki mobilnya adalah mereka yang berusia 50 tahunan.

"Ada yang sampai 70 tahun. Rata-rata sih 50 an. Yang muda ada juga 20 yang masih kuliah, tapi kalau yang muda kan masih kurang perduli, kalau yang berumur kan punya rasa khawatir yang lebih tinggi, ngeri kalau sudah enggak enak dikit (mobilnya)," pungkas Uban.

(khi/ddn)