Jumat, 19 Des 2014 13:09 WIB

Menghilangkan Jamur di Kaca Mobil ala Rumahan

- detikOto
Kalau jamur sudah membandel, bawa saja ke salon mobil
Jakarta - Musim hujan seperti sekarang ini sudah saatnya memeriksa tingkat kebersihan kaca mobil Anda, terutama dari serbuan jamur kaca. Soalnya, kaca yang buram karena jamur tak hanya menjadikan berkendara kurang nyaman tetapi juga tidak aman. Karena itu membersihkan dan mencegah jamur kaca wajib hukumnya.

Menurut Winarno, Pimpinan Edwin Mobilindo, Showroom Mobil Bekas dan Salon Mobil, di Tambun, Bekasi Timur, sebenarnya mencegah dan membersihkan jamur kaca itu sangat mudah.

"Bisa dengan menggunakan obat-obatan kimia buatan pabrik, bisa juga dengan cara konvensional yang sederhana dengan menggunakan bahan yang ada di sekitar kita atau di rumah kita," paparnya saat dihubungi detikOto, di Jakarta, Jumat (19/12/2014).

Lantas seperti apa cara itu? Berikut penjelasan Winarno:

1. Basuh dengan air rendaman tembakau

Caranya cukup mudah. Pertama ambil segenggam tembaku dan kemudian rendam ke dalam segayung air bersih.

Hal yang perlu diingat, air untuk merendam itu jangan tercampur dengan sabun atau deterjen. Usahakan air tersebut berasal dari sumur untuk menghindari campuran kaporit atau zat penjernih air.

“Air mineral kemasan akan jauh lebih baik karena sudah disterlisasi dengan ozonisasi,” kata Winarno.

Biarkan tembakau terendam selama 10 – 15 menit. Setelah itu bersihkan kaca mobil dengan lap bersih dan kemudian siramlah dengan sedikit air rendaman tembakau. Gosok-gosok dengan gerakan searah dengan menggunakan lap bersih.

Lakukan secara berulang, dan bila telah selesai. Siramkan sisa air tembakau dan biarkan selama 5 – 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih dan biarkan hingga kaca kering.

2. Gunakan cairan soda atau cuka

Cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan cairan soda atau cuka. Caranya hampir sama dengan membersihkan memakai air rendaman tembakau.

Bersihkan kaca mobil dengan lap bersih. Setelah itu, basahi lap bersih dengan cairan soda atau cuka. Bersihkan kaca dengan cara mengelapnya dengan gerakan searah.

Ulangi hingga beberapa kali. Namun, setelah itu jangan dibilas dengan air untuk menghindari zat ayang ada di air soda atau cuka terkontaminasi karena bersenyawa dengan unsur-unsur yang ada iair untuk membilas.

3. Membersihkan kaca secara rutin

Langkah pencegahan merupakan cara paling bijak mengindari jamur. Caranya bersihkan kaca mobil setelah mobil digunakan, terlebih setelah terguyur air hujan.

Sebisa mungkin hindari memarkir mobil di area terbuka yang terkena paparan sinar matahari secara langsung. Soalnya, terpaan sinar surya akan menjadikan debut atau partikel yang menerpa kaca mobil lengket dengan kuat di kaca.



(arf/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com