Prinsip Sopir Wanita Liena Ozora, Bawa Bus Nggak Harus Ngebut

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 10 Mei 2022 10:41 WIB
Sopir bus wanita PO Agra Mas, Liena Ozora
Foto: Rifkianto Nugroho/detikOto. Sopir bus wanita PO Agra Mas, Liena Ozora.
Jakarta -

Sopir wanita PO Agra Mas, Liena Ozora, memegang prinsip mengemudi bus tidak harus ngebut-ngebut. Selain karena demi kenyamanan dan keselamatan penumpang, menurut Liena selisih waktu tempuh antara bus yang ngebut dan tidak ngebut hanya sedikit, sehingga tidak signifikan.

Sudah setahun lebih Liena Ozora menjalani profesi driver bus di PO Agra Mas. Perempuan asal Wonogiri ini mengemudi bus untuk trayek AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) Jakarta-Wonogiri. Selama menjalani profesi ini, Liena mengaku selalu berusaha mematuhi aturan-aturan yang berlaku.

"Sopir bus yang membawa kendaraannya ngebut akan membahayakan kendaraan yang ada di depan dan di belakangnya, termasuk juga para penumpang yang dibawanya," kata Liena kepada detikOto.

"Jadi kenapa sih harus ngebut-ngebut? Kita (sopir bus) ngebut pun paling selisih (jeda) waktunya hanya setengah jam. Jadi kita mending bawanya santai, tapi tepat waktu, sehingga penumpang merasa aman, mereka juga bisa tidur enak, nggak deg-degan, bisa istirahat maksimal di dalam bus," sambungnya.

Sementara dari pihak operator bus sendiri, biasanya sudah memiliki strategi supaya para driver-nya tidak membawa bus secara ugal-ugalan. Caranya yakni dengan membatasi kecepatan bus, juga dengan memasang perangkat GPS.

"Kalau di Agra itu udah di-limit busnya. Terus juga sekarang ada bus Agra yang sudah dipasangi GPS, jadi ketika bus berjalan terlalu kencang, maka bakal ada indikator suaranya dan sopir akan mendapatkan teguran," jelas Liena.

Sebagai informasi, Liena Ozora sudah menekuni profesi sopir bus kurang lebih satu tahun di PO Agra Mas. Liena sendiri sudah bisa mengemudi sejak lama, bahkan ia pernah menjadi sopir pribadi. Tapi pekerjaan itu tidak bertahan lama karena profesi ini membuat dirinya jarang pulang, sehingga tidak bisa menemui anak-anaknya. Liena pun sempat menganggur selama setahun, sebelum akhirnya bergabung dengan PO Agra Mas sejak Maret 2021.

(lua/din)