Jadi Driver Wanita, Begini Persiapan Liena Ozora Sebelum Mengemudi Bus AKAP

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 10 Mei 2022 08:32 WIB
Sopir bus wanita PO Agra Mas, Liena Ozora
Foto: Rifkianto Nugroho/detikOto. Sopir bus wanita PO Agra Mas, Liena Ozora.
Jakarta -

Persiapan menjadi hal yang wajib dilakukan oleh para sopir bus sebelum mengoperasikan kendaraannya. Hal itu dilakukan pula oleh sopir wanita PO Agra Mas, Liena Ozora. Bus yang diperiksa kondisinya sebelum dioperasikan, akan meminimalisasi risiko kecelakaan.

"Di Agra sendiri, kalau aku mau berangkat itu pasti memastikan ke kernetnya terlebih dahulu. Aman atau nggak. Kalau sudah dipastikan aman, kita jalan," kata Liena kepada detikOto.

Lanjut Liena menambahkan, setiap driver bus harus memeriksa panel instrumen yang ada di dashboard. "Dan kalau ada salah satu indikator lampu nyala, pasti aku tanyakan ke kernetnya," sambung Liena.

Jika semua fungsi-fungsi sudah dipastikan aman, maka driver boleh mengoperasikan busnya. Nah, saat mengemudi, sopir bus juga tidak bisa ugal-ugalan. Sebab kecepatan bus sudah dibatasi untuk menjamin keamanan awak bus dan penumpang.

"Misalnya saat ngebut di tol lalu ada indikator bunyi, pasti itu speed-nya sudah mentok atau kelebihan. Kalau sudah seperti itu, kita (sopir bus Agra) harus mengurangi kecepatan," jelas Liena.

Sebagai informasi, Liena Ozora sudah menekuni profesi sopir bus kurang lebih satu tahun di PO Agra Mas. Ia mengemudikan bus untuk trayek Jakarta - Wonogiri.

Liena sendiri sudah bisa mengemudi sejak lama, bahkan ia pernah menjadi sopir pribadi. Tapi pekerjaan itu tidak bertahan lama karena profesi ini membuat dirinya jarang pulang, sehingga tidak bisa menemui anak-anaknya. Liena pun sempat menganggur selama setahun, sebelum akhirnya bergabung dengan PO Agra Mas sejak Maret 2021.

"Kebetulan saya punya banyak kenalan sopir bus. Akhirnya nyobalah (ngelamar jadi sopir bus). Saya masukin lamaran ke PO Agra Mas dan akhirnya setelah diseleksi saya diterima. Sampai Maret ini (2022) saya sudah bekerja selama setahun di PO Agra Mas," ujar Liena.

(lua/din)