Minggu, 21 Apr 2019 18:16 WIB

Peringati Hari Kartini, Bikers Wanita Riding Vespa Pakai Kebaya

Imam Wahyudiyanta - detikOto
Foto: Imam Wahyudiyanto Foto: Imam Wahyudiyanto
Jakarta - Peringati Hari Kartini, 100-an perempuan yang tergabung dalam Forum Scooterist Kediri keliling Kota Kediri dalam event Kartini Day Riding. Mereka mengendarai Vespa.

Karena ini hari Kartini, busana yang mereka kenakan adalah busana tradisional. Sebagian besar dari mereka mengenakan kebaya sambil mengendarai aneka ragam jenis vespa, mulai dari yang kuno hingga Vespa matik terbaru.


Dengan mengambil start di Jembatan Lama Kota Kediri, mereka melanjutkan perjalanan berkeliling Kediri. Rombongan juga sempat berhenti dan berfoto bersama di Monumen Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri.

Para Kartini modern ini ingin memperkenalkan diri kepada masyarakat umum dan menunjukkan tidak hanya kaum pria yang bisa mengendarai vespa. Sebelum mulai berkeliling (touring), mereka memilih titik kumpul di Jembatan Lama Kota Kediri. Ini lantaran, jembatan yang berusia 1,5 abad ini dinilai menjadi ikon Kota Kediri serta mudah dijangkau.

Tyas (21) salah seorang peserta touring Vespa Kartini Day mengaku jatuh cinta dengan Vespa karenea keunikannya. Komunitasnya juga seru dan Vespa berbeda dengan kendaraan bermotor lainnya di Indonesia. Tyas juga berharap di hari Kartini ini kaum perempuan Indonesia semakin mandiri.

"Saya suka sama Vespa sejak SMA, jatuh cinta karena keunikannya, komunitasnya seru dan Vespa beda dengan motor lainnya. Semoga di hari Kartini ini kaum perempuan semakin maju, mandiri, dan maju dengan komunitas otomotif seperti vespa Kediri ini," ucap Tyas kepada detikcom, Minggu (21/4/2019).

Beberapa dari Kartini modern ini juga mengikut sertakan anak mereka. Tak mau kalah, anak-anak yang hadir juga mengenakan kebaya lengkap dengan sanggul di kepala.

Okky Yudiastari, salah seorang pegawai PT Gudang Garam tbk mengaku dirinya tertarik dengan Vespa, namun jenis matic. Karena selain mudah menggunakannya tanpa starter kaki, Vespa matic nyaris sama dengan motor matic lainnya, namun dengan bentuk Vespa yang tiada duanya.

"Saya baru saja menggunakan Vespa, tapi saya sudah jatuh hati. Saya pilih Vespa matic karena mudah digunakan. Vespa itu bentuknya yang menggemaskan seksi dan unik," jelas Okky.

Ketua panitia Kartini Day Riding, Dewi Sekartaji kepada detikcom mengaku kegiatan Kartini Day Riding ini menyambut kegiatan Kediri Scooter Festival ke-4 yang akan digelar Agustus mendatang. Selain itu ia berharap dengan Kartini day Riding ini, peran serta perempuan semakin maju, baik untuk pembangunan Indonesia dan Kediri pada khususnya, melalui Vespa kita maju membangun negeri.


"Kegiatan ini adalah kegiatan pertama kita menyambut Kediri Scooter Festival ke-4 di Kediri Agustus mendatang. Sekaligus dengan Vespa kaum perempuan dapat semakin menunjukkan emansipasi dan peran sertanya membangun bangsa Indonesia dan Kediri," tegas Dewi.

Usai Touring berkeliling Kediri, Ratusan perempuan peserta Kartini Day dan kaum pria yang juga ikut touring mengakhiri kegiatannya di Hutan Kota Joyoboyo sambil melepas lelah dan berbagi hadiah demi kebersamaan antar komunitas Vespa baik dari Kota Kediri, Kabupaten maupun kota lainnya. (iwd/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed