Senin, 08 Apr 2019 16:35 WIB

Perempuan Penyandang Disabilitas Nge-Grab Pakai Kursi Roda

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Berita Harian Singapura Foto: Berita Harian Singapura
Singapura - Di mana ada kemauan, di situ pasti ada jalan. Peribahasa tersebut barangkali cocok dengan situasi yang dialami Sumaiyah Ghazali saat ini.

Betapa tidak, di tengah keterbatasannya sebagai penyandang disabilitas, Sumaiyah masih memiliki tekad kuat untuk bekerja sebagai kurir GrabFood di Singapura.

Seperti dilansir dari media Berita Harian Singapura, Sumaiyah sendiri sebenarnya bukan datang dari keluarga yang serba kekurangan.



Adik-adik Sumaiyah mempunyai pekerjaan bagus dan mampu menanggung biaya hidup Sumaiyah. Namun Sumaiyah tetap memilih bekerja sebagai pengantar makanan.

"Sekurang-kurangnya ketika saya bekerja, saya dapat memberi makanan kepada ibu bapak. Jika saya tidak bekerja dan hanya adik-beradik saya bekerja, saya merasa tidak membantu," kata Sumaiyah.

Untuk diketahui, Sumaiyah saat ini berusia sekitar 40 tahun. Ia lahir dalam kondisi sungsang dan mengidap cerebral palsy. Sebelum bekerja di GrabFood Singapura, Sumaiyah pernah menekuni profesi lain.



"Saya pernah bekerja sebagai karyawan kantoran, tetapi jari saya sebenarnya lemah jadi kadang-kadang kertas akan jatuh ke mana-mana di lantai dan kemudian orang biasa tidak sabar," katanya lagi.

"Anda tahu, orang biasa tidak bisa sabar dengan orang seperti saya," lanjut Sumaiyah dalam video yang diunggah di facebook Berita Harian Singapura.

Bekerja sebagai kurir pengantar makanan menjadi tantangan sendiri bagi orang berkebutuhan khusus seperti Sumaiyah. Soalnya, Sumaiyah dituntut tepat waktu seperti layaknya kurir normal.



Sumaiyah mengaku pernah menerima aduan karena terlambat mengantar makanan. Namun setelah tiba di lokasi, sang pelanggan berubah hati setelah melihatkan keadaannya.

Saat menceritakan kisahnya dalam video tersebut, Sumaiyah pun berpesan kepada para pelanggan untuk bersabar dengannya dan meminta kerjasama mereka.

"Saya akan coba mengantar makanan secepat mungkin, terima kasih!," pungkas Sumaiyah sambil mengelap air mata.



Simak Juga 'Grab Tindak Tegas Drivernya yang Lecehkan Difabel':

[Gambas:Video 20detik]

(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com