Kamis, 28 Sep 2017 18:38 WIB

'Wanita Dibolehkan Nyetir di Arab Bantu Kelas Menengah ke Bawah'

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Wanita Dibolehkan Nyetir di Arab Bantu Kelas Menengah ke Bawah Foto: Reuters/File 'Wanita Dibolehkan Nyetir di Arab Bantu Kelas Menengah ke Bawah' Foto: Reuters/File
Jakarta - Wanita di Arab Saudi akan dibolehkan mengemudi. Keputusan ini disebut bisa meringankan beban masyarakat kelas menengah ke bawah.

Diberitakan Al Arabiya, hal itu dikatakan oleh Ghada Ghunaim, seorang penulis dan jurnalis di Arab. Menurutnya, kebanyakan keluarga di Arab Saudi bergantung pada sopir pribadi untuk transportasi menuju sekolah, tempat kerja, dan tempat lain.

"Banyak keluarga di Arab Saudi tidak mampu membayar gaji bulanan sopir. Keputusan ini akan membantu meringankan banyak keluarga yang berjuang karena wanita tidak dapat menngemudi sendiri," katanya.

Menurut statistik, ada hampir 800.000 pria yang bekerja hanya sebagai sopir untuk wanita di Arab. Mereka kebanyakan berasal dari Asia Selatan.

"Ini akan berdampak besar pada ekonomi Arab Saudi. Kita harus ingat bahwa kerajaan kita menghasilkan lebih banyak lulusan wanita dibandingkan pria," ujarnya. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com