Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 18 Mar 2017, 11:00 WIB

Pengendara Kurang Peduli pada Pejalan Kaki, Contoh Jepang Dong

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Pengendara Kurang Peduli pada Pejalan Kaki, Contoh Jepang Dong Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - Banyak yang harus diperhatikan para pengendara baik mobil dan motor saat berkendara. Salah satunya adalah kepekaan kita terhadap kondisi di jalan.

Hal tersebut dirasa oleh satu-satunya pebalap wanita di tim balap Toyota Team Indonesia (TTI), Alinka Hardianti, adalah yang sangat penting.

"Gue ngeliat mereka kurang peduli dengan kondisi luar. Lebih kayak kurang perduli, egois. Padahal kan di jalanan bukan kita doang yang menggunakan jalan, ada orang lain juga, pejalan kaki dan lainnya," ujarnya kepada detikOto di Jakarta.

Lebih lanjut Alinka memaparkan dengan mengambil contoh bagaimana kondisi jalan umum di Jepang yang tertib dan sangat mengutamakan pejalan kaki.

"Ngelihat mereka nyetir di jalan kayak menghargai banget pejalan kaki, menomorsatukan pejalan kaki. Kalau di sini kan engga, dikit-dikit klakson pejalan kaki salah mulu," katanya.

Untuk itu dirinya menyarankan, selain jangan melanggar perilaku berkendara seperti, memegang ponsel sambil berkendara, berdandan saat berkendara, dan perilaku berkendara salah lainnya, menghormati para pengguna jalan lain juga patut dipelajari.

"Lebih dewasa saja, kita hornati sama-sama pengguna jalan untuk keselamatan kita bersama juga," imbuh Alinka. (khi/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed