Selasa, 21 Apr 2015 10:23 WIB

Auto Shanghai 2015

Kini Tak Ada Lagi Gadis Seksi Beraksi Vulgar di Shanghai Auto Show

- detikOto
dok Daily Mail
Shanghai - Tak seperti penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya yang disesaki pemandangan gadis-gadis berpakaian minim, para gadis model seperti itu tak nampak lagi di hajatan Shanghai Auto Show 2015 kali ini.

Kehadiran para gadis model masih ada, namun mereka berpakaian sopan, bahkan sejumlah pabrikan mengganti perempuan dengan pemuda tampan.

Seperti dilaporkan Daily Mail, Selasa (21/4/2015), para gadis model – yang dalam istilah lokal disebut Che Mo – itu kini lebih bertindak sebagai konsultan pembelian bagi para pengunjung.

Mereka tak hanya berpakaian ‘lebih sopan’ tetapi juga dibekali pengetrahuan tentang seluk beluk mobil.

Perubahan drastis itu menyusul peringatan keras dari pemerintah Tiongkok yang mengharamkan penampilan seronok para gadis model di pameran.

Pemerintah Negeri Tirai Bambu itu meminta agar para gadis model itu lebih diarahkan sebagai pemberi informasi tentang produk yang dipamerkan.

Menurut bocoran dari panitia penyelenggara, kebijakan itu dimaksudkan untuk menciptakan situasi pameran yang tertib, bersih, dan aman. Larangan dan saran pemerintah dituruti kalangan industri peserta pameran.

Suzuki Motor Corporation misalnya, tetap menghadirkan gadis model. Namun, penampilannya lebih anggun, mereka berbusana putih dengan syal di leher.

Sedangkan Ford saat meluncurkan model baru Taurus, menghadirkan dua penari perempuan yang berinteraksi dengan gambar komputer di layar raksasa.

Sementara, Toyota Motor mengganti para gadis dengan pria muda tampan berkaos polo hitam. “Kami hanya berdiri di sini (bertugas). Kami bukan model,” ujar salah seorang diantara pemuda itu saat ditanya perannya.

(arf/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com