Anwar Ibrahim Tolak Pakai Mercedes S600 Buat Mobil Dinas, Pilih Mobil Lama

ADVERTISEMENT

Anwar Ibrahim Tolak Pakai Mercedes S600 Buat Mobil Dinas, Pilih Mobil Lama

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 28 Nov 2022 12:32 WIB
In this photo provided by Prime Minister Office, Malaysias Prime Minister Anwar Ibrahim talks on phone on his first day at the prime ministers office in Putrajaya, Malaysia, Friday, Nov. 25, 2022. (Prime Minister office via AP)
Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Anwar Ibrahim menolak Mercedes S 600 untuk mobil dinas. Foto: AP/Kantor Perdana Menteri
Jakarta -

Perdana Menteri Malaysia yang baru dilantik Datuk Seri Anwar Ibrahim menolak kehadiran mobil dinas baru. Anwar memutuskan untuk menggunakan mobil dinas yang sudah tersedia di kantornya.

Diberitakan media Malaysia Free Malaysia Today, Anwar Ibrahim dalam akun Facebook pribadinya menyebutkan bahwa ia menolak kehadiran mobil baru untuk digunakan sebagai kendaraan dinas. Keputusan itu kata Anwar dibuat agar tidak ada anggaran baru yang harus dikeluarkan, apalagi untuk mobil dinas.

"Saya ingin memberi tahukan kalau kemarin saya menolak untuk menggunakan Mercedes S 600 yang dibeli dan diperoleh oleh Departemen sebelum saya menjabat," tulis Anwar.

Mercedes-Benz S 600 sendiri memang terkenal untuk menemani para pemimpin negara. Presiden Joko Widodo merupakan salah satunya. Jokowi menggunakan Mercedes-Benz S 600 Guard yang sudah dibekali pelapis antipeluru sebagai kendaraan dinasnya. Mercedes S-Class 600 di Malaysia dibanderol dengan harga kisaran 650.113 ringgit atau Rp 2,2 miliar sampai yang termahal 698.774 ringgit atau Rp 2,4 miliar (1 Ringgit = Rp 3.508).

"Untuk itu saya memutuskan untuk menggunakan mobil apa saja yang tersedia di kantor untuk kendaraan sehari-hari," jelasnya lagi.

Diketahui Perdana Menteri Malaysia sebelumnya Mahathir Mohammad menggunakan Proton Perdana versi long wheelbase sebagai kendaraan dinasnya. Kemudian saat Muhyiddin Yassin menjadi Perdana Menteri, ia terlihat menggunakan Toyota Vellfire. Lalu Ismail Sabri melanjutkan penggunaan Vellfire tersebut.

Pemerintahan Malaysia memang diketahui mengganti Proton Perdana dengan Toyota Vellfire sebagai kendaraan dinas di ranah kementerian pada April 2021. Kemudian ada juga mobil Proton X70 yang digunakan sebagai kendaraan dinas untuk para pejabat pemerintahan lainnya.

Keputusan mengganti Proton Perdana menjadi Toyota Vellfire pun sempat menuai kritik. Selain dituding menghabiskan biaya, penggantian itu tidak sejalan dengan kampanye 'Beli Produk buatan Malaysia'.



Simak Video "Tantangan Berat Anwar Ibrahim Pimpin Malaysia di Masa Sulit"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT