Tokcer Bersama Timnas Brasil, Richarlison Pernah Jadi Tukang Cuci Mobil

ADVERTISEMENT

Tokcer Bersama Timnas Brasil, Richarlison Pernah Jadi Tukang Cuci Mobil

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 25 Nov 2022 14:55 WIB
LUSAIL CITY, QATAR - NOVEMBER 24: Richarlison of Brazil scores their second goal during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group G match between Brazil and Serbia at Lusail Stadium on November 24, 2022 in Lusail City, Qatar. (Photo by Simon Stacpoole/Offside/Offside via Getty Images)
Richarlison mencetak gol indah saat Brasil melawan Serbia di Piala Dunia 2022 Qatar. Foto: Offside via Getty Images/Simon Stacpoole/Offside
Jakarta -

Richarlison tampil memukau dengan menyumbang dua gol kemenangan Brasil atas Serbia di lanjutan Piala Dunia 2022 Qatar, Jumat (24/11/2022). Sebelum menjadi seorang pesepakbola terkenal, Richarlison sudah mengecap asam garam kehidupan dengan kondisi serba kekurangan. Ia bahkan pernah menjadi tukang cuci mobil.

Dikutip dari BBC, Richarlison sudah terbiasa hidup mandiri sejak kecil. Orangtuanya cerai ketika dia berusia 6 tahun. Richarlison kemudian tinggal bersama ayahnya selama 3 tahun dan membantu kakeknya memanen biji kopi.

Selain membantu mencari uang, Richarlison juga menyalurkan hobi sepakbolanya. Richarlison pun mengidolai sang bintang Brasil, Neymar, dan mengecat rambutnya dengan warna kuning serupa rambut sang idola.

"Itu adalah masa kanak-kanak yang sangat sulit baginya dan juga sulit bagi saya karena kami tinggal di desa dan setiap minggu kami harus naik truk untuk pergi ke tempat pertandingan sepakbola," kata ayah Richarlison, Antonio.

"Orang-orang terus mengatakan dia (Richarlison) memiliki masa depan (karena bakat sepakbolanya), jadi ketika dia berusia sembilan tahun, saya meninggalkannya dengan saudara perempuan saya (bibi Richarlison)," sambung Antonio.

Untuk menyambung hidup, Richarlison kecil pun harus ikut mencari uang. Berbagai profesi ia lakoni, mulai dari menjual es krim dan cokelat di pinggir jalan, hingga menjadi tukang cuci mobil.

Ibarat usaha tidak mengkhianati hasil, karier pesepakbola kelahiran 1997 itu pun mulai menanjak. Usai berkutat di klub lokal Brasil seperti Real Noroeste, America Mineiro, hingga Fluminense, akhirnya pada 2017 Richarlison menapaki karier di Liga Inggris bersama Watfford.

Performa yang menjanjikan membuat Richarlison direkrut oleh Everton pada musim 2018. Setelah tuntas di Merseyside Biru, Richarlison kini bergabung dengan klub London, Tottenham Hotspur.



Simak Video "Kemeriahan FIFA Fan Festival, Titik Temu Pendukung dari Berbagai Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT