Rezeki Shin Tae-yong Jadi Pelatih Timnas: Bintang Iklan, Ditunjang Mobil Miliaran Rupiah

ADVERTISEMENT

Rezeki Shin Tae-yong Jadi Pelatih Timnas: Bintang Iklan, Ditunjang Mobil Miliaran Rupiah

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 13 Okt 2022 15:20 WIB
Shin Tae-yong
Shin Tae-yong Foto: dok. PSSI
Jakarta -

Pelatih Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong (STY) merupakan idola baru bagi penggemar sepakbola Indonesia. Berkat tangan dinginnya, pelatih asal Korea Selatan ini berhasil menaikkan level permainan timnas dengan skuad garuda muda. Kepopuleran STY langsung mendapatkan sokongan di luar sepakbola, dukungan mobil miliaran hingga menjelma jadi bintang iklan.

Shin Tae-yong berhasil mengantarkan Timnas Indonesia jadi runner-up piala AFF 2020 silam. Selain itu dia juga berhasil meloloskan timnas sepakbola Indonesia ke putaran final Piala Asia 2023 usai menjadi runner-up terbaik di grup A.

Sebagai bentuk apresiasi PT Hyundai Motors Indonesia, pabrikan mobil asal Korea Selatan ini menyerahkan Hyundai Palisade dan Staria kepada Shin Tae-yong.

Dua mobil ini diharapkan bisa menunjang aktivitas Shin Tae-yong dalam membina atlet sepakbola Indonesia.

Sebagai gambaran, Hyundai Palisade adalah SUV flagship Hyundai dengan kapasitas 7 orang penumpang. Mobil ini dilengkapi dengan captain seats di baris kedua. Hyundai Palisade hadir dengan mesin R 2.2L CRDi inline 4-cylinder diesel with e-VGT dengan tenaga 200 ps dan torsi 440 Nm. Hyundai Palisade dijual dengan harga mulai dari Rp 842 juta sampai Rp 1,110 miliar.

Sementara Hyundai Staria menjadi MPV yang menawarkan kenyamanan dengan kapasitas 7-9 orang penumpang. Khusus tipe Signature 9 terdiri dari 9 kursi dengan Swiveling Independent Seat dimana baris kedua dapat diputar 180 derajat untuk dapat berhadapan dengan penumpang di baris ketiga.

Hyundai Staria dibekali mesin diesel R2.2 VGT dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Mesin Staria mampu memuntahkan tenaga hingga177 PS/3.800 rpm dan torsi maksimal 430 Nm/1.500-2.500 rpm. Harga Hyundai Staria mulai dari Rp 896 juta sampai Rp 1,028 miliar.

Soal menyetir mobil, mantan pemain Queensland Roar ini juga mengaku tidak kagok menyetir mobil di Indonesia. Pelatih berusia 52 tahun itu terbiasa dengan mobil setir kanan. Dia mengaku tidak canggung mengemudi di Indonesia. Tapi dia mengaku belum pernah nyetir jarak jauh selama bertugas di Indonesia.

"Setelah datang ke Indonesia sih belum pernah," ujar Shin Tae-yong dikutip dari tayangan Hyundai Motors Indonesia.

Di Indonesia, posisi setir mobil berada di sebelah kanan dan jalannya mobil di sebelah kiri. Sedangkan di Korea Selatan, posisi setir mobil di sebelah kiri dan jalannya mobil di sebelah kanan.

Bagi sebagian orang cukup kagok ketika mengemudi dalam kondisi yang berbeda. Tapi Shin Tae-yong mengaku sudah terbiasa tinggal di negara dengan posisi setir kanan, yakni Australia.

Saat di Australia, Shin Tae-yong pernah menjadi pemain Queensland Roar, lalu berkarier sebagai asisten di klub Australia tersebut.

"Orang Korea lain mungkin merasa aneh dan tidak terbiasa saat baru pertama datang. Kalau saya karena sudah punya pengalaman setir kanan, rasanya sangat nyaman," tambah dia.

Selain mendapat sokongan mobil miliaran rupiah. Kepopuleran Shin Tae-yong juga membuatnya terjun jadi bintang iklan seperti kopi hingga makanan.

Shin Tae-yong siap mundur

Shin Tae-yong tidak ada kaitan dengan tragedi Kanjuruhan. Namun pernyataannya siap mundur jika Ketua PSSI mundur membuat tanda tanya besar, hal ini yang menjadi sorotan publik.

Desakan agar Ketum PSSI Mochamad Iriawan mundur sudah lantang di kalangan suporter. Namun Iwan Bule, sapaan akrab Ketum PSSI, berkelit dan menegaskan bentuk tanggung jawabnya adalah justru dengan tidak mundur. Ia juga sempat menyebut tragedi Kanjuruhan tak ada sangkut pautnya dengannya dan merupakan tanggung jawab Panpel pertandingan.

Secara mendadak, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tiba-tiba mengungkapkan dukungan untuk Iwan Bule. Dalam ucapan belasungkawa terhadap para korban, Shin menyatakan akan ikut mundur jika memang Ketum PSSI mundur.



Simak Video "Shin Tae-yong Tatap Laga Lawan Thailand: Laga yang Sangat Penting"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT