ADVERTISEMENT

Bukan Mobil Lagi, Intip Hangar Gautam Adani yang Kini Jadi Orang Tajir ke-2 di Dunia

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 21 Sep 2022 20:45 WIB
Adani Group Chairman, Gautam Adani smiles after addressing the media in Ahmedabad on July 21, 2009. Adani spoke about
Gautam Adani Foto: Sam Panthaky/AFP/Getty Images
Jakarta -

Pendiri Amazon Jeff Bezos turun ke peringkat tiga sebagai orang terkaya di dunia, dia tergeser oleh miliarder asal India, Gautam Adani. Sebagai orang tajir nomor dua di dunia, Gautam Adani tak hanya memiliki mobil, dia diketahui mengoleksi pesawat jet pribadi.

Melansir dari Bloomberg Billionaires Index, Kekayaan Adani menyentuh US$ 147 miliar atau Rp 2.205 triliun. Kekayaan ini didapat dari kepemilikan konglomerat Adani Group yang sangat besar. Grup ini berjalan di berbagai sektor bisnis, termasuk pelabuhan dan batu bara yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Sementara posisi 1 masih ditempati bos Tesla Elon Musk. Elon Musk mencatatkan kekayaan sebesar US$ 260 miliar atau Rp 3.880 triliun (kurs Rp 14.926).

Mengutip mansworlindia, Rabu (21/9/2022) Gautam Adani memang mengoleksi Ferrari, Rolls-Royce, dan armada sedan BMW Seri 7. Namun dia juga berinvestasi dalam armada jet pribadi.

Jet pribadi pertama ialah Hawker Beechcraft 850 XP, kendaraan udara ini ditaksir harganya US$ 13,7 juta atau sekitar Rp 200 miliar. Pesawat yang dikembangkan di Inggris ini memiliki kapasitas penumpang tertinggi dari jet yang dimiliki Adani, yakni 15 penumpang.

Hawker Beechcraft 850 XPHawker Beechcraft 850 XP Foto: Jetav

Hawker Beechcraft ditawarkan headroom yang lega, pencahayaan LCD, kontrol kursi layar sentuh, kursi berventilasi, dan dapat mencapai ketinggian maksimum 39.000 kaki.

Lanjut jet pribadi yang kedua ialah Bombardier Challenger 605. Ini merupakan ket pertama Adani yang dibeli pada tahun 2009, harganya ditaksir US$ 14,5 juta atau sekitar Rp 217 miliaran.

Bombardier Challenger 605Bombardier Challenger 605 Foto: compareprivateplanes

Dengan area kabin besar yang mampu menampung 12 penumpang, Bombardier Challenger 605 dapat terbang jarak jauh hingga 870 km/jam.

Jet pribadi yang diketahui sudah dibeli oleh Adani ialah Embraer Legacy 650. Kendaraan ini bisa membawa terbang Adani ke belahan dunia dengan mudah, sebab bisa menjelajah dengan kecepatan tertinggi 850 km/jam dengan ketinggian maksimal 41.000 kaki.

Jet PribadiLegacy 650 Foto: Ardan Adhi Chandra-detikFinance

Di dalamnya Embraer Legacy 650 terdiri atas tiga zona kabin. Sedangkan kapasitasnya 14 penumpang.

Bukan hanya jet pribadi. Hanggar milik Adani juga merupakan rumah bagi AgustaWestland AW139, sebuah helikopter serba guna Italia untuk menampung hingga 15 penumpang dalam kemewahan dan membawa mereka ke seluruh negeri dengan kecepatan 310 km/jam.

Terlepas dari posisi baru Adani dalam tiga orang terkaya di dunia, koleksi jetnya masih tidak sebanding dengan saingannya Elon Musk dan Jeff Bezoz, keduanya kebetulan memiliki Gulfstream G650ER, mesin canggih. senilai $70 juta! Cukup melengkapi seluruh koleksi Adani hanya dengan satu pesawat.



Simak Video "Kapolri Bakal Telusuri Asal Uang Brigjen Hendra Bayar Private Jet"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT