ADVERTISEMENT

Menteri Sandiaga Jajal Skuter Konversi Listrik Karya Anak Bangsa

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 03 Jun 2022 19:45 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno menjajal skuter konversi listrik Elettrico buatan Elders Garage
Foto: Dok. Kemenparekraf. Menparekraf Sandiaga Uno menjajal skuter konversi listrik Elettrico buatan Elders Garage.
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, berkesempatan mencoba skuter konversi listrik karya anak bangsa, Elettrico. Sandiaga berharap tren skuter konversi listrik yang sedang naik daun di Indonesia saat ini bisa mendukung industri ekonomi kreatif di Tanah Air.

Penyelenggaraan Vespa World Days 2022, 9-12 Juni di Peninsula Island Bali mendapat perhatian dari penggemar otomotif di Indonesia, khususnya pegiat motor jenis skuter. Banyak skuteris berbondong-bondong hadir di pesta skuter terbesar di dunia karena bersejarah bagi Indonesia sebagai tuan rumah.

"Biasanya acara Vespa World Days itu diadakan di Eropa dan sekarang untuk pertama kalinya dalam sejarah akan hadir di Indonesia. Pada kesempatan ini juga kita menyambut era pariwisata baru dengan electric vehicle yang ikut menumbuhkan suatu inisiatif, serta inovasi agar kita bangkit untuk kepulihan sektor ekonomi kreatif," ujar Sandiaga saat menerima tim Elders Elettrico yang akan bertolak ke Bali membawa beberapa unit skuter konversi listrik di Jakarta Selatan (2/6/2022).

Menparekraf Sandiaga Uno menjajal skuter konversi listrik Elettrico buatan Elders GarageMenparekraf Sandiaga Uno menjajal skuter konversi listrik Elettrico buatan Elders Garage Foto: Dok. Kemenparekraf

Sandiaga menambahkan bahwa Elders Elettrico melahirkan sebuah produk konversi kendaraan bermotor bensin jadi kendaraan listrik yang ramah untuk lingkungan dan menjadi green energy. "Mereka meluncurkan skuter konversi listrik dan akan dilelang di VWD di mana hasilnya akan disumbangkan bagi para UMKM lokal di Bali untuk memajukan ekonomi baru dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," sambung Sandiaga.

Sementara Heret Frasthio selaku CEO Elders Elettrico mengatakan unit-unit skuter konversinya akan diuji dari Surabaya menuju Bali untuk mengetahui kekuatannya. "Tren kendaraan listrik di dunia kami jawab dengan menyodorkan produk konversi dengan tetap mempertahankan bentuk standar dari kendaraan, namun telah menggunakan teknologi motor listrik termasuk unit yang akan dilelang," sebut Heret.

Sebagai informasi, skuter konversi listrik ini memiliki spesifikasi baterai Lithium-ion 21700 60v 19Ah dengan motor Eletricco V1. 12 1,2Kw Disc Brake serta controller Eletricco Square Wave 50a. Kecepatan maksimumnya antara 50 - 55 km/jam serta mampu menempuh jarak tempuh hingga 70- 80 km dengan Mode Eco.

Bertepatan dengan momentum VWD 2022, Elders Elettrico juga akan mengadakan Open House di tempat barunya di Pererenan Bali pada 13 Juni 2022 yakni di Elders Energy Building. Di markas barunya ini akan menyediakan kebutuhan untuk kendaraan elektrik, apparel/riding gear dan Creative Space untuk para pecinta EV.

Selain di Jakarta dan Bali, Elders Elettrico terus memperluas jangkauan layanan konversi dengan Sistem kemitraan di Bandung, Bogor, Makassar dan juga segera hadir di kota-kota lainnya.

Menparekraf Sandiaga Uno menjajal skuter konversi listrik Elettrico buatan Elders GarageMenparekraf Sandiaga Uno menjajal skuter konversi listrik Elettrico buatan Elders Garage Foto: Dok. Kemenparekraf


Simak Video "Ekraf Indonesia Diproyeksikan Bisa Salip Korsel 5 Tahun Mendatang"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT