ADVERTISEMENT

Ingat! Mobil BBM Dilarang Masuk IKN Nusantara Pimpinan Bambang Susantono

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 11 Mar 2022 13:52 WIB
Calon ibu kota baru diketahui bernama Nusantara. Keputusan tersebut berdasarkan pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ditetapkan dalam UU IKN.
Ilustrasi ibu kota baru Foto: dok. screenshot
Jakarta -

Presiden Joko Widodo telah melantik Bambang Susantono dan Dhoni Rahajoe sebagai kepala dan wakil kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Duet keduanya dipercaya dapat membangun kota yang cerdas sekaligus ramah lingkungan.

Bambang Susantono dan Dhony RahajoeBambang Susantono dan Dhony Rahajoe Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Adapun upaya yang dilakukan salah satunya adalah melarang mobil berbahan bakar fosil untuk wara-wiri di jalanan IKN Nusantara. Larangan itu sempat diutarakan Jokowi sebelum melantik Bambang dan Dhoni.

"Kalau yang senang naik mobil, apalagi yang mobilnya pakai BBM fosil, jangan pindah ke ibu kota baru," kata Jokowi belum lama ini.

Perlu diketahui,IKN Nusantara akan dibangun dengan konsep hutan kota pintar. Selain itu,IKN Nusantara memprioritaskan mobilitas warga pejalan kaki. Transportasi yang jadi unggulan adalah sepeda dan kendaraan umum ramah lingkungan.

Jokowi menjelaskan bahwa IKN Nusantara dibangun sebagai 10 minutes city, yang artinya warga bisa mondar-mandir mengitari kota tersebut hanya dalam waktu 10 menit.

IKN Nusantara akan dibangun dengan teknologi ramah lingkungan. Energi utama kota itu adalah energi bertenaga air (hydropower) dari Sungai Kayan. Selain itu, Jokowi memerintahkan anak buahnya untuk memperbanyak lahan hijau ketimbang area kota.

"Pada hari ini juga memulai satu kerja baru untuk membangun kota yang inklusif, kota yang hijau, kota yang cerdas dan kota yang berkelanjutan. Jadi kata-kata ini semua terangkum dalam kesatuan, di mana kota tersebut dibangun untuk semua kalangan, city for all, istilahnya karena itu sifatnya inklusif," ungkap Bambang usai pelantikan.

Bila mobil BBM dilarang, tak menutup kemungkinan pejabat yang bertugas di IKN Nusantara bakal beralih menggunakan kendaraan bertenaga listrik murni. Atau bisa juga kendaraan ramah lingkungan jenis hybrid maupun Plug-in Hybrid (PHEV).

Perlu diketahui, saat ini para menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 menunggangi mobil dinas yang tergolong kendaraan ramah lingkungan. Adalah Toyota Crown 2.5 HV G-Executive yang ditaksir punya harga Rp 1,5 miliar.

Sementara untuk kendaraan kepresidenan Jokowi, dan Wapres Ma'ruf Amin menggunakan Mercedes-Benz S600 Guard.



Simak Video "Mengenal Sosok Bambang Susantono, Kepala Badan Otorita IKN"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT