ADVERTISEMENT

Intip Garasi Bahlil Lahadalia yang Ditunjuk Jadi Menteri ESDM Ad Interim

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 04 Feb 2022 14:36 WIB
Bahlil Lahadalia
Bahlil Lahadalia ditunjuk jadi Menteri ESDM Ad Interim. Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Bahlil Lahadalia ditunjuk Presiden Jokowi (Joko Widodo) sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ad Interim. Bahlil yang juga menjabat sebagai Menteri Investasi itu akan menjadi Menteri ESDM sementara untuk mengerjakan tugas yang sebelumnya diemban Arifin Tasrif.

"Berdasarkan surat dari Menteri Sekretaris Negara tertanggal 3 Februari 2022, Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Investasi/Kepala BKPM Bapak Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ad interim," katanya Staf Khusus Menteri Investasi, Tina Talisa, dalam keterangan resminya.

Bicara harta kekayaan, Bahlil tercatat memiliki total kekayaan senilai Rp 300,445 miliar. Itu diketahui dari laporan harta kekayaan penyelenggara negara yang disampaikan pada 5 Maret 2021 untuk tahun periodik 2020 dan tercatat di LHKPN, Bahlil tercatat memiliki kekayaan total Rp 300.445.709.773 .

Mayoritas kekayaan Bahlil berupa tanah dan bangunan, yang nilainya mencapai angka Rp 282.285.000.000 (dua ratus delapan puluh dua miliar dan dua ratus delapan puluh lima juta rupiah).

Untuk kendaraan (alat transportasi dan mesin), Bahlil hanya memiliki harta senilai Rp 171 juta. Tercatat cuma ada tiga kendaraan yang dia punya, di mana dua di antaranya berjenis SUV, namun sudah lawas dengan usia di atas 10 tahun.

Yang pertama adalah Toyota Harrier bertahun 2007 yang didapat atas hasil sendiri. SUV yang didatangkan ke Indonesia secara CBU itu ditaksir bernilai Rp 90.000.000.

Berikutnya Honda CR-V. Sama seperi Harrier, CR-V milik Bahlil juga bisa dibilang sudah berumur. Mobil tersebut lahir tahun 2010, yang didapat atas hasil sendiri dan kini ditaksir punya harga Rp 63 juta.

Mobil terbaru yang dipunya Bahlil Lahadalia tercatat bertahun 2012. Tapi itu merupakan sebuah Mitsubishi pick up, yang juga dia dapat dari hasil sendiri dan nilainya kini ditaksir seharga Rp 18.000.000.

Simak Video 'Bahlil Pimpin Rapat Usai Ditunjuk Jadi Menteri ESDM Ad Interim':

[Gambas:Video 20detik]



(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT