Firasat Jadi Buruan Kolektor, Crazy Rich yang Punya Bugatti Divo Ini Cari Daihatsu Ceria

ADVERTISEMENT

Firasat Jadi Buruan Kolektor, Crazy Rich yang Punya Bugatti Divo Ini Cari Daihatsu Ceria

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 12 Des 2021 17:55 WIB
Daihatsu Ceria
Ilustrasi mobil Daihatsu Ceria Foto: Daihatsu
Jakarta -

Crazy Rich asal Malaysia, Chin Jit Pyng (JP Chin) diketahui menjadi salah satu pemilik dari 40 unit Bugatti Divo. Kini dia tengah berburu mobil murah Perodua Kancil atau dikenal sebagai Daihatsu Ceria.

Dikutip dari Paultan, Minggu (12/12/2021) baru-baru ini melalui video yang diposting oleh JPM Collection, Chin berbicara selain Divo, ia juga memiliki dua mobil produksi terbatas lainnya yang disimpan di Singapura, yakni Chiron dan Porsche 918 Spyder.

Chin pertama kali membeli Ferrari Enzo pada tahun 2000, yang kemudian diikuti oleh Lamborghini Murcielago. Semakin banyak mobil langka yang masuk, reputasinya sebagai kolektor mobil tumbuh dan dia mulai berkontak dengan Bugatti ketika Chiron.

Punya beragam mobil mewah, Chin bilang latar belakangnya ialah menciptakan aplikasi seperti Fone App, dan berbisnis properti, tepatnya real estate di Malaysia.

"Saya dari bidang teknologi, karier saya bermula di IBM. Saya terlibat dalam sistem aplikasi perbankan. Saua adalah CEO bagi syarikat hartanah (real estate) terbesar di Malaysia," kata Chin.

Dia menambahkan bahwa mobil seperti ini dibeli sebagai investasi, jadi perlu personel dan fasilitas yang terlatih dengan baik untuk merawatnya adalah bagian terpenting.

Daihatsu CeriaIlustrasi Daihatsu Ceria Foto: Daihatsu

Tapi tak selalu mobil yang berharga miliaran rupiah yang ia cari. Dia bahkan tengah meminta pekerjanya untuk mencari Perodua Kancil atau Daihatsu Ceria.

"Saya baru minta pekerja untuk cari Perodua Kancil tahun 2002. Firasat saya, kereta (mobil) ini berpotensi untuk menjadi collector item. Kalau tak jadi tidak apa-apa, rugi RM3800 (sekitar Rp 12,9 jutaan) saja," kata dia.

JP Chin cari Perodua KancilJP Chin cari Perodua Kancil Foto: Dok. YouTube JPM Collection

Diketahui Daihatsu Ceria terlebih dulu dijual di Malaysia dengan nama Perodua Kancil. Mobil tersebut pertama kali dijual di Negeri Jiran pada 1994, dan terus dijual hingga 2009.

Daihatsu pun memasarkan mobil tersebut di Indonesia pada 2001. Tapi umur mobil ini tidak panjang, Daihatsu Ceria kemudian disetop produksi pada tahun 2006.

Bentuknya mini hanya muat 5-orang kapasitas penumpang. Sementara performa dari Daihatsu Ceria ini Mobil ini masih memakai mesin berkapasitas 850 cc dengan 3 silinder segaris, ED-10, 6 katup, dan SOHC. Mesin itu bisa bikin Daihatsu Ceria menghasilkan output tenaga sebesar 35 Hp pada 5.500 rpm, serta torsi maksimum sebesar 63 Nm/3.200 rpm.



Simak Video "Januari-Agustus 2022, Model Daihatsu Mana yang Paling Diincar?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT