Isi Garasi Darmawan Prasodjo yang Ditunjuk Jadi Dirut PLN

Tim detikcom - detikOto
Senin, 06 Des 2021 16:05 WIB
Erick Thohir Tunjuk Darmawan Prasodjo Jadi Dirut PLN
Darmawan Prasodjo resmi dilantik sebagai Direktur PLN Foto: Dok. PLN
Jakarta -

Darmawan Prasodjo resmi menggantikan Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero). Menilik sisi lain, ada apa saja isi garasinya?

Darmawan bukan orang baru di PLN, sebelumnya dia menjabat sebagai Wakil Direktur Utama PLN sejak 2019. Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), dikutip Senin (6/12/2021), Darmawan memiliki total kekayaan sebesar Rp 14.169.174.811.

Dari total kekayaan tersebut sebesar Rp 1.590.000.000 merupakan alat transportasi dan mesin. Isi garasi milik Darmawan hanya terdiri dari tiga unit mobil.

Mobil pertama yang dimiliki oleh Darmawan ialah Mitsubishi Xpander. Mobil yang mengisi segmen Low MPV 7-seater lansiran tahun 2019 itu memiliki nilai Rp 215 juta.

Kedua, ialah MPV premium Toyota Alphard. Mobil yang dikenal dekat dengan kalangan masyarakat menengah ke atas. Toyota Alphard 2019 milik Darmawan ditaksir harganya Rp 925 juta.

Mobil terakhir yang dimiliki oleh Darmawan ialah kendaraan dengan jenis SUV (Sport Utility Vehicles). Ekonom Energi yang menghabiskan lebih dari 15 tahun di Amerika Serikat (AS) ini memiliki Toyota Fortuner lansiran 2019 senilai Rp 450 juta.

Tidak ada mobil lain yang terdaftar sebagai milik Darmawan, semuanya atas kepemilikan hasil sendiri. Harta tersebut dilaporkan pada 26 Maret 2021.

Hari ini Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengangkat Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero). Dalam pidatonya Erick meminta agar Direktur Utama PLN ini bisa memimpin dan melakukan perbaikan.

"Arahan saya agar Direktur Utama dapat memimpin PLN untuk mulai melakukan perbaikan atas model bisnis dan juga menyiapkan organisasi PLN yang lebih lean dan efektif," kata dia dalam sambutannya, Senin (6/12/2021).



Simak Video "Alasan Dirut PLN Pulang ke Indonesia Setelah 17 Tahun di Amerika"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)