Uangnya Tak Berseri: Sebelum Beli Newcastle, Pangeran Arab Caplok McLaren dan Pagani

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 09 Okt 2021 07:46 WIB
Newcastle United resmi diakuisisi konsorsium milik Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman. Sosoknya yang kontroversial kembali disorot usai akuisisi Newcastle
Pangeran Arab, Muhammad bin Salman Foto: Getty Images
Jakarta -

Perusahaan milik Pangeran Mohammed bin Salman resmi membeli Newcastle United. Sebelum menyuplai dana ke klub sepakbola tersebut, Pangeran Arab Saudi ini juga menggelontorkan dana untuk bisnis otomotif.

Newcastle United resmi diakuisisi oleh konsorsium Public Investment Fund (PIF) yang dimiliki Mohammed bin Salman pada Kamis (7/10/2021) malam WIB. Tapi sebelum ke klub sepakbola, perusahaan kepunyaan Mohammed bin Salman itu juga telah menyelamatkan McLaren.

Kucuran dana diberikan kepada McLaren Group pada bulan Juli 2021 lalu sebesar US$ 758 juta atau sekitar Rp 10,8 triliun. Seperti diketahui, sejak September 2020 lalu, McLaren perlu dana tambahan supaya bertahan di tengah krisis ekonomi imbas pandemi.

Pada Mei 2020, McLaren terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja pada 800 karyawan. Mereka yang di-PHK datang dari bagian terapan serta Divisi Otomotif dan Balap. Jumlah 800 karyawan dipecat lebih sedikit dari yang sebelumnya direncanakan sebanyak 1.200 orang.

Bahkan pabrikan asal Inggris ini sudah menjual fasilitasnya di Woking, Inggris. Ya, McLaren Technology Center telah dibeli perusahaan properti Global Net Lease sebesar £170 juta atau setara Rp 3,3 triliun untuk area seluas 840.000 kaki persegi.

Meski telah dijual, kantor McLaren masih berada kantor pusat mereka setidaknya selama 20 tahun ke depan, sebagai bagian dari kesepakatan yang dicapai kedua pihak.

Tak hanya McLaren, perusahaan yang dipimpin oleh Pangeran Arab Mohammad bin Salman membeli saham Pagani sebesar 30 persen pada Agustus 2021 lalu.

Dikutip dari Carscoops, tidak dijelaskan secara rinci bentuk kesepakatan tersebut antara Pagani dengan PIF. Namun, keluarga Pagani akan tetap memegang saham mayoritas dan perusahaan PIF menjadi pemegang saham minoritas.

Pembelian saham oleh PIF telah dibenarkan oleh CEO dan Chief Design Officer (CDO) Pagani, Horacio Pagani beberapa waktu lalu. Dirinya mengatakan perusahaan PIF membeli sejumlah saham yang ada di perusahaan mobil sport asal Italia tersebut.

Tonton juga liputan Viral tentang tempat menonton sunset asyik di pantai utara Jakarta di bawah ini:

[Gambas:Video 20detik]



(riar/din)