Ini Baru Sultan! Pangeran Arab Pemilik Baru Newcastle Punya Koleksi Mobil Berlapis Emas

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 08 Okt 2021 16:57 WIB
Lamborghini berlapis emas
Lamborghini berlapis cat emas milik pangeran Arab Saudi pemilik baru Newcastle United (Youtube/Cars For You)
Jakarta -

Mohammed bin Salman baru saja membuat gempar dunia sepak bola usai dia secara resmi klub Newcastle United. Punya harta kekayaan berlimpah, ternyata Pangeran Arab Saudi ini punya koleksi mobil yang tak biasa. Mobil-mobil miliknya banyak yang berlapis cat emas.

Newcastle United resmi diakuisisi oleh konsorsium Public Investment Fund (PIF) yang dimiliki Mohammed bin Salman pada Kamis (7/10/2021) malam WIB. Perusahaan kepunyaan Mohammed bin Salman itu mengambil alih The Toon 100 persen dari tangan pemilik sebelumnya, Mike Ashley.

Pembelian Newcastle United oleh Public Investment Fund membuat The Magpies menjadi klub dengan pemilik terkaya di dunia saat ini. Pangeran Mohammed bin Salman sendiri memiliki harta senilai 320 miliar poundsterling (Rp 6,19 kuadriliun).

Dengan uang sebanyak itu, Mohammed bin Salman ternyata juga gemar mengoleksi sejumlah mobil mewah mulai dari SUV sampai Hypercar dengan berlapis emas. Harganya pun tak tanggung, bahkan ada yang tembus Rp 170 miliar!

Penasaran dengan koleksi mobil Pangeran Arab Saudi ini? Dikutip dari laman YouTube Cars For You, berikut deretan koleksi kendaraan mewah dari Mohammed bin Salman.

1. Lamborghini Aventador SVJ

Salah satu koleksi mobil yang dimiliki Mohammed bin Salman adalah Lamborghini Aventador SVJ. Berbeda dengan unit yang dijual secara umum, supercar milik Pangeran Arab Saudi ini telah diubah tampilannya dengan kelir emas.

Tak hanya eksteriornya, beberapa bagian interior mobil juga dilapisi emas asli. Aventador SVJ ini memang dirancang khusus sesuai keinginan dari Pangeran Arab Saudi.

Soal spesifikasinya, mobil ini dilengkapi mesin V12 6.5 L yang mampu menghasilkan tenaga hingga 769 hp dan torsi puncaknya 531 lb-ft. Kecepatan maksimalnya bisa menembus hingga lebih dari 350 km per jam dan dapat menempuh 0-100 km per jam dalam waktu 2,8 detik.

Mengenai harganya, Lamborghini Aventador SVJ khusus Mohammed bin Salman ini dibanderol US$ 7,5 juta atau setara Rp 106 miliar.

Lamborghini berlapis emasLamborghini berlapis emas Foto: Youtube/Cars For You

2. Bentley Continental Flying Spur

Selain Aventador SVJ, Mohammed bin Salman juga membeli Bentley Continental Flying Spur dengan kelir emas pada bagian interior dan eksterior.

Mobil tersebut juga dibuat khusus untuk Pangeran Arab Saudi. Harganya pun juga bikin geleng-geleng kepala yang mencapai US$ 6,5 juta atau senilai Rp 92 miliar.

Mengenai spesifikasinya, mobil ini dilengkapi mesin V8 twin-turbocharged 4.0 L yang mampu menghasilkan tenaga hingga 542 hp serta torsi puncaknya di angka 568 lb-ft.

3. Bugatti Veyron Grand Sports

Koleksi selanjutnya adalah Bugatti Veyron yang juga dilapisi emas. Mobil ini termasuk langka karena unitnya hanya terbatas, dan salah satunya telah dimiliki oleh Mohammed bin Salman.

Karena diproduksi terbatas dan sudah dilapisi emas pada eksterior dan interiornya, mobil ini punya harga mencapai US$ 12,5 juta atau setara Rp 177 miliar.

Mengenai spesifikasinya, mobil ini dilengkapi mesin W16 8.0 L yang dapat menghasilkan tenaga hingga 1.000 hp dan torsi puncaknya mencapai 1.250 Nm.

Bugatti Veyron Grand SportsBugatti Veyron Grand Sports Foto: Youtube/Cars For You

4. Rolls Royce Phantom Coupe

Mohammed bin Salman juga memiliki sebuah Rolls Royce Phantom Coupe yang dilapisi emas. Pastinya, unit Rolls Royce ini dibeli Pangeran Arab Saudi dengan pesanan khusus.

Soal harganya, sedan mewah ini dibanderol dengan harga mencapai US$ 8 juta atau senilai Rp 113 miliar. Wajar punya harga selangit karena bagian interiornya juga sudah dilapisi emas asli.

Dilengkapi dengan mesin V12, Rolls Royce Phantom dapat menghasilkan tenaga sebesar 573 hp serta torsi mencapai 664 lb-ft. Sedan mewah ini dapat melaju dari 0-100 km per jam dalam waktu 4,5 detik saja.

5. Mercedes-Benz AMG G63 6x6

Mobil ini merupakan yang kelima milik Mohammed bin Salman yang dipesan khusus dengan lapisan emas. Tidak hanya tampilan luarnya saja, namun beberapa bagian kabin juga dihiasi emas murni.

Untuk harganya, AMG G63 ini punya banderol sebesar US$ 4 juta atau setara Rp 56 miliar. Berbeda dari koleksi mobil sebelumnya, kali ini anak Raja Salman tersebut membeli sebuah SUV gahar dengan stok terbatas, hanya 100 unit di seluruh dunia.

Mengenai spesifikasinya, AMG G63 dengan penggerak enam roda tersebut dibekali mesin V8 5.5 L yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 536 hp serta torsi puncaknya 561 lb-ft. Mohammed bin Salman pasti senang memiliki mobil ini karena bisa dipakai di jalan raya atau offroad di gurun pasir yang terjal.

Mercedes-Benz AMG G63 6x6Mercedes-Benz AMG G63 6x6 Foto: Youtube/Cars For You


Simak Video "Uangnya Tak Berseri! Sebelum Newcastle, MBS Caplok McLaren dan Pagani"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)