Bamsoet Pamer Motor Listrik Gesits Dimodifikasi Ala Kendaraan Sespan

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 15 Sep 2021 18:36 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mejeng di atas motor listrik Gesits bergaya sespan
Foto: Instagram @bambang.soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mejeng di atas motor listrik Gesits bergaya sespan.
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memamerkan sebuah motor listrik Gesits yang telah dimodifikasi dengan sespan atau boncengan samping. Tokoh yang akrab disapa Bamsoet itu mejeng di atas Gesits sespan saat ia berkunjung ke Bali.

Seperti dilihat di unggahan akun Instagram @bambang.soesatyo, tokoh yang juga menjabat sebagai Ketua IMI (Ikatan Motor Indonesia) itu tampak naik motor listrik Gesits berwarna merah dengan nopol B 6701 SVC. Setelah dicek di laman Samsat PKB Jakarta, motor itu atas nama PT Waki Abadi.

Yang unik, motor listrik karya anak bangsa itu sudah dimodifikasi. Warnanya masih sesuai STNK, yakni merah. Namun ada beberapa tambahan komponen modifikasi, contohnya seperti penggunaan windscreen yang cukup besar.

[Gambas:Instagram]


Nah, yang tidak kalah mencolok adalah penambahan boncengan samping atau sespan di motor ini. Sespan tersebut tampak didesain mirip fascia Gesits, sehingga bisa serasi. Ada pula tambahan windscreen dan kaca spion kiri di sespan tersebut.

Untuk menyambungkan sespan dengan bodi motor, ada lima komponen penyambung. Komponen pertama menyambung ke baut suspensi depan, bagian penyambung menggunakan mekanisme hidrolis, sehingga tidak masalah jika ban motor berbelok ke kanan atau ke kiri.

Selanjutnya, ada pipa besi yang diameternya lebih besar, menyambung di bawah dek hingga bagian roda belakang motor Gesits. Ada pula satu besi kecil yang menyangga bagian belakang sespan. Besi ini menyambung ke bagian behel Gesits.

Sebagai informasi, Gesits dipersenjatai baterai lithium ion yang bisa menempuh jarak hingga 80-100 km saat baterai terisi penuh. Skuter listrik ini punya waktu pengecasan baterai sekitar 1,5-3 jam. Kecepatannya sendiri setara dengan kendaraan roda dua berkapasitas 125 cc yang bisa melaju sampai 100 km/jam.

(lua/din)