IMI Punya Markas Baru, Ada Taksi Terbang Parkir di Depannya

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 10 Sep 2021 17:28 WIB
Peresmian Kantor Baru IMI di wilayah Gelora Bung Karno
Markas baru IMI (Ridwan Arifin/detikOto)
Jakarta -

Ikatan Motor Indonesia (IMI) kini menempati markas baru yang berlokasi di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta. Peresmian dilakukan oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Peresmian kantor baru ini dilangsungkan Jumat (10/9/2021) siang WIB. Selain gedung yang terlihat masih fresh, juga menarik perhatian dalam kesempatan itu adalah kehadiran taksi terbang yang parkir di halaman kantor baru IMI.

Sebelum memiliki markas baru di kawasan GBK. Pengurus Pusat IMI sempat berkantor di SCBD dan Jl. Minangkabau Setiabudi Jakarta.

Kini kantor baru IMI berlokasi di Gedung Elevated Parkir A - PP GBK, Parkir Timur, Senayan Jakarta Pusat. Patokannya berada di seberang gedung Istora Senayan Jakarta.

Peresmian Kantor Baru IMI di wilayah Gelora Bung KarnoPeresmian Kantor Baru IMI di wilayah Gelora Bung Karno Foto: Ridwan Arifin/detikOto

"Memang GBK ini sesuai undang-undang yang ada sejak jaman Soekarno harus menjadi wilayah pusat olahraga nasional," ujar Bamsoet saat memberikan sambutan, di kawasan GBK, Jumat, (10/9/2021).

"Kami di sini sewa dan bayar dalam jangka waktu 4 x 2 tahun," sambung Bamsoet.

Selain peresmian kantor baru IMI Pusat, Bamsoet juga meluncurkan buku karya terbarunya, hingga marketplace bagi para anggota Ikatan Motor Indonesia.

Tak kalah menarik perhatian ialah taksi terbang yang parkir di halaman saat peresmian kantor IMI. Namun taksi terbang yang dibawa importir umum, Prestige Image Motocars ini baru sebatas perkenalan, rencananya baru akan diuji coba pada Oktober di Bali tahun ini.

"Lagi diurus (perizinan terbang), mungkin (uji coba) di Bali," kata Bamsoet.

Menurut Presiden Direktur Prestige Image Motorcars, Rudy Salim, uji terbang EHang di Bali bertujuan agar EHang bisa mendukung pariwisata di Pulau Dewata tersebut.

"Rencananya mau meningkatkan pariwisata Bali juga dengan produk ini, dan impact-nya mungkin bukan hanya nasional tapi internasional kalau nanti ada wisata baru di Bali seperti ini, yang murah dan ramah lingkungan," kata Rudy, kepada detikOto, belum lama ini.

Adapun model yang akan diuji coba di Indonesia adalah EHang 216. Model ini memiliki muatan maksimum 220 kg. Tenaga yang digunakan 100% listrik, dengan baterai yang dapat diisi dengan tegangan 220v atau 380v dalam 1,5 jam waktu pengisian.

Peresmian Kantor Baru IMI di wilayah Gelora Bung KarnoPeresmian Kantor Baru IMI di wilayah Gelora Bung Karno Foto: Ridwan Arifin/detikOto

EHang 216 memiliki 16 baling-baling dan 8 lengan yang bisa dilipat, sehingga efektif dan menghemat area parkir karena hanya memakan lahan seluas 5 m². Adapun spesifikasi dimensinya, tinggi 1,77 m dan lebar 5,61 m.

Soal performa, taksi terbang ini diklaim bisa mencapai kecepatan maksimum 130 km/jam. EHang 216 bisa menempuh jarak penerbangan 35 km dengan muatan maksimum hanya dalam waktu 21 menit. Dan ketinggian yang bisa dicapai yakni sekitar 3.000m.

Sebagai kendaraan tanpa awak pengemudi, EHang akan dioperasikan melalui pusat komando dan kendali AAV (Autonomous Aerial Vehicle) yang berada di darat.



Simak Video "Formula E Jadi Digelar di Jakarta Enggak Sih?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)