Mengenang Artidjo Alkostar, Disarankan Beli Hummer, Pilih Mobil Murah

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 28 Feb 2021 17:04 WIB
Artidjo Alkostar
Artidjo Alkostar. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Mantan Hakim Agung yang kini menjabat anggota Dewan Pengawas KPK, Artidjo Alkostar, meninggal dunia. Artidjo dikabarkan meninggal dunia siang ini.

"Kita ditinggalkan lagi oleh seorang tokoh penegak hukum yang penuh integritas. Mantan hakim agung Artidjo Alkostar yang kini menjabat sebagai salah seorang anggota Dewan Pengawas KPK telah wafat siang ini," tulis Mahfud Md, Minggu (28/1/2021).

Sosoknya dikenang sebagai penegak hukum yang penuh integritas. Hal itu terbukti selama 18 tahun menjadi hakim agung, Artidjo tidak pernah sedikit pun terkena isu korupsi/suap.

Semasa hidupnya, Artidjo dikenal sebagai hakim yang pekerja keras, jujur, dan sederhana. Misalnya, Artidjo selalu menolak mengambil cuti, Artidjo diketahui juga pernah menolak mengambil 9 bulan gaji.

Kesederhanaan Artidjo juga ditunjukkan kala dirinya diminta untuk membeli mobil baru. Saat menjadi hakim agung, Artidjo Alkostar mengawali kerjanya dari rumah petak kontrakan ke kantor dengan naik bajaj.

Ada kisah unik, saat naik bajaj, Artidjo ditolak masuk lewat gerbang depan gedung Mahkamah Agung (MA). Padahal, ia hakim agung di situ. Artidjo tak habis akal. Ia memilih masuk lewat pintu gerbang samping.

Akhirnya Artidjo mendapat kesempatan untuk membeli mobil. Setelah berbulan-bulan, Artidjo mengajak 'teman' kontrakannya yang bernama Ari untuk diantar membeli mobil. Ia mendapat Rp 60 juta dari MA untuk membeli mobil.

"Ri, saya dapat uang untuk membeli mobil. Temani saya membeli mobil," kata Artidjo dalam buku 'Alkostar, Sebuah Biografi' di halaman 141 yang dikutip detikcom.

"Katanya jangan mobil bekas, harus baru," ujar Artidjo menegaskan.

Ari sempat 'ngerjain' Artidjo dengan menyuruhnya membeli mobil mewah. Dia ke showroom mobil mewah dan menunjuk mobil Hummer.

Artidjo ogah membeli Hummer yang tergolong sebagai mobil mahal. Ia mencari mobil ke tempat lain. Akhirnya Artidjo bisa membawa pulang Chevrolet Spark warna perak yang nilainya jauh lebih murah ketimbang Hummer. Artidjo menambah uang Rp 20 juta dari tabungannya.

Pada 2007, Artidjo mendapatkan mobil dinas Toyota Altis. Dan dua tahun setelahnya, Artidjo mendapat fasilitas mobil Toyota Camry.



Simak Video "Artidjo Alkostar Berpulang, Pengawal Rasa Keadilan Telah Tiada"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)