Ridwan Kamil 'Bonceng' Bernie Sanders, Netizen Salah Fokus ke Pelat Nomor

Tim detikcom - detikOto
Senin, 25 Jan 2021 15:02 WIB
Ridwan Kamil
Pelat nomor Ridwan Kamil tuai perhatian netizen Foto: Instagram @ridwankamil
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengunggah foto editan bersama Senator Amerika Serikat (AS) Bernie Sanders. Tapi beberapa netizen di Indonesia malah salah fokus dengan pelat nomor yang terpasang di motor Royal Enfield milik Ridwan Kamil.

Seperti diketahui Bernie Sanders tengah banyak dibahas pengguna media sosial. Dalam sebuah foto yang menjadi viral di media sosial menampilkan Sanders yang tampak bersungut-sungut sambil menyilangkan tangan dan kakinya saat duduk sendirian, terpisah dari tamu lainnya, di area tamu pelantikan Biden.

Penampilan Sanders yang unik dengan memakai jaket tebal musim dingin warna cokelat dan sarung tangan rajut bermotif warna cokelat-putih. Senator senior berusia 79 tahun itu menghadiri pelantikan Joe Biden duduk sendirian seperti kedinginan, lalu jadi meme dan viral di dunia maya.

Tak ketinggalan, Ridwan Kamil juga membuat meme tersebut. Kali ini ia berpose dengan motor yang kerap dipakainya Royal Enfield, Sanders seolah-olah sedang dibonceng dengan posisi tangan dan kaki yang menyilang.

"Suatu hari, mengantar tamu dari Amerika. Siapakah dia?," tulis Ridwan Kamil seperti dilihat detikcom, Senin (25/1/2021).

[Gambas:Instagram]



Sejurus kemudian, postingan tersebut mendapat respon dari warganet. Bertanya soal pelat nomor yang dipasang Ridwan Kamil pada bagian spatbor depan. Memang terlihat pelat nomor tersebut tidak sesuai spesifikasi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor sesuai yang dikeluarkan Korlantas Polri.

"Serius nanya kang, kalo ada razia di jalan raya, plat nomor motor kaya kang emil gitu bisa ditilang gak ya?," komen akun ages_erlan.

"Saya lihat bapaj kurang taat hukum.. plat nomor model gt memang diperbolehkan y kang?jdlah biker yg taat kang.," timpal akun @gshock178.

Namun, kang Emil --sapaan akrabnya, menjelaskan kalau sepeda motor yang digunakannya tetap menggunakan pelat nomor asli D-4405-ACB yang dikeluarkan Korlantas. Posisinya berada di antara spakbor depan dan mesin.

[Gambas:Instagram]



Pada angle yang berbeda, misalnya saat momen riding bersama sang istri. Kang Emil juga terlihat menggunakan pelat nomor pada depan dan belakang.

"itu plat aslinya ada. Coba zoom," balas Ridwan Kamil.



Simak Video "Ridwan Kamil Cerita soal Lukisannya di Jabar Motekar"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)