Calon Tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo Cuma Punya 1 Fortuner

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 13 Jan 2021 15:23 WIB
Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo
Komjen Listyo Sigit Prabowo. Foto: Citra Nur Hasanah / 20detik.
Jakarta -

Presiden Jokowi memutuskan Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis, yang memasuki masa pensiun. Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal Kapolri.

Komjen Listyo Sigit sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri. Komjen Listyo Sigit Prabowo merupakan salah satu nama yang direkomendasikan Kompolnas.

Disetornya nama Komjen Listyo Sigit Prabowo disampaikan oleh Ketua DPR Puan Maharani di gedung DPR, Rabu (13/1/2021). Surat presiden untuk calon Kapolri dikirimkan ke DPR hari ini langsung oleh Mensesneg Pratikno.

"Surpres telah kami terima dari Bapak Presiden yang mana Bapak Presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu bapak Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri," ujar Puan.

Melihat Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disampaikan pada 11 Desember 2020/Khusus - Awal Menjabat, Komjen Listyo Sigit memiliki total harta kekayaan Rp 8 miliar, tepatnya Rp 8.314.735.000.

Untuk kendaraan bermotor yang dilaporkan di LHKPN, Komjen Listyo Sigit cuma punya satu unit kendaraan. Dia hanya memiliki Toyota Fortuner, berdasarkan LHKPN.

Toyota Fortuner yang dimiliki Komjen Listyo Sigit merupakan Fortuner tahun 2018 dengan hasil sendiri. Fortuner milik Komjen Listyo Sigit itu ditaksir memiliki nilai Rp 320 juta.

Di dalam LHKPN Komjen Listyo Sigit juga terdaftar harta bergerak lainnya senilai Rp 975 juta. Ada juga tanah dan bangunan dengan total Rp 6.150.000.000, serta kas dan setara kas senilai Rp 869.735.000.

Selanjutnya, Komjen Listyo Sigit Prabowo akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi III DPR yang merupakan mitra kerja Polri. Setelah menjalani fit and proper test, tahapan selanjutnya adalah pengesahan di paripurna DPR dan dilanjutkan pelantikan di Istana Negara.

Adapun Kapolri saat ini, Jenderal Idham Azis sedikit lagi akan memasuki masa pensiun. Idham menjabat sebagai Kapolri mulai 1 November 2019 dan pensiun pada Februari 2021.



Simak Video "Komnas HAM: Komjen Sigit Orang yang Positif, Semoga Polri Lebih Baik"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)