Isi Garasi Mensos Baru Tri Rismaharini: Cuma Dua Mobil

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 22 Des 2020 18:27 WIB
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengunjungi markas detikcom di Jl. Warung Jati Barat Raya, Jakarta Selatan, kamis (24/07/2014).
Tri Rismaharini Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau Risma ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menduduki kursi Menteri Sosial (Mensos). Ia menggantikan Juliari Batubara yang tersandung dugaan kasus korupsi bantuan sosial. Bagaimana selera mobil Bu Risma?

Dikutip dari situs elhkpn.kpk.go.id, seperti dilihat detikcom, Selasa (22/12/2020), Risma terakhir kali melaporkan harta kekayaannya ke KPK pada 27 Maret 2019. Risma tercatat memiliki harta senilai Rp 7,179 miliar.

Untuk kendaraan, Risma memiliki dua unit mobil diesel yang berasal dari hasil sendiri senilai Rp 985 juta. Mobil apa sajakah itu?

Jenis mobil pertama yang dimiliki Risma, yakni Toyota Kijang Innova 2.4 Q senilai Rp 425 juta. Toyota Innova dikenal sebagai generasi penerus dari model Toyota Kijang yang fenomenal bagi pasar otomotif nasional.

Test drive toyota kijang innova model terbaru di BaliIlustrasi Kijang Innova Foto: Toyota Astra Motor

Mobil itu dicangkok mesin diesel berkode 2GD-FTV dengan kapasitas 2.4 liter yang sudah dilengkapi sstem bahan bakar common-rail, serta diperkuat dengan variable nozzle turbocharged (VNT). Di atas kertas, Innova bermesin diesel dapat memuntahkan tenaga sebesar 149 Ps pada 6.000 rpm dengan torsi mksimalnya sebesar 36.7 Nm pada 1.200-2.600 rpm.

Mobil diesel kedua yang terdaftar milik Tri Rismaharini ialah Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2.4L Tahun 2017 senilai Rp 560 juta.

Mitsubishi memberikan mesin generasi baru yaitu mesin MIVEC Diesel 4N15 2.4L turbo. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 181 daya kuda, naik dari Pajero Sport Dakar generasi sebelumnya yang memiliki tenaga 178 daya kuda. Pajero Sport Dakar ini juga sudah dilengkapi transmisi otomatis 8 percepatan. Mode transmisi bisa dikendalikan manual dengan menggunakan paddle shift di balik setirnya.

All New Pajero Sport resmi diperkenalkan di Indonesia. Pereli Dakar asal Jepang, Hiroshi Masuoka datang ke Indonesia untuk memperlihatkan ketangguhan Pajero Sport.All New Pajero Sport Foto: Rachman Haryanto

Selain kedua mobil di atas, tidak ada lagi kendaraan yang terdaftar dimiliki Risma.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi mengumumkan Risma sebagai Mensos. Risma menggantikan Juliari Batubara yang tersandung kasus korupsi terkait bansos Corona.

"Ibu Tri Rismaharini, saya kira kita tahu semuanya beliau adalah Wali Kota Surabaya dan saat ini Bu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial," ujar Jokowi dalam tayangan video YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (22/12).



Simak Video "Komisi VIII Merespons Permohonan Tambahan Anggaran Kemensos"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)