Intip Isi Garasi Menteri KKP Edhy Prabowo yang Malam Tadi Ditangkap KPK

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 25 Nov 2020 09:13 WIB
Menteri KKP Edhy Prabowo
Menteri KKP Edhy Prabowo Foto: dok KKP
Jakarta -

Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia Edhy Prabowo ditangkap Komisi Pemberantasn Korupsi. Melihat isi garasi pria 47 tahun ini ternyata masih menyimpan salah satu motor legendaris Indonesia.

Mengutip data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dimuat dalam situs KPK, Edhy Prabowo tercatat memilik total harta sebesar Rp 7,4 miliar, tepatnya Rp 7.422.286.613. Bila dirinci sebesar Rp 4,3 miliar merupakan aset properti di Muara Enim, dan Bandung, lalu alat transportasi dan mesin Rp 890 juta, harta bergerak lainnya Rp 1,9 miliar, dan kas Rp 256 juta.

Melirik isi garasinya, politisi Gerindra ini memiliki beragam model kendaraan, bahkan salah satunya sepeda motor legendaris di Indonesia. Ya, pertama Edhy tercatat memiliki satu unit Yamaha RX-King yang sering dijuluki motor jambret. Ia memiliki motor 2-tak itu lansiran tahun 2002 dengan taksiran Rp 4 juta.

Meski demikian, stigma motor jambret pada RX King kian pudar. Lantaran daya pikatnya yang tidak lekang. Kini si 'raja jalanan' jadi barang antik yang diburu para kolektor.

Roda dua lain yang dimiliki Edhy ialah motor Honda BeAT lansiran 2009 senilai Rp 9 juta. Untuk diketahui spesifikasi BeAT lansiran 2009 masih menggunakan sistem pengabutan karburator.

Berkiprah sejak tahun 2008, perjalanan skutik entry level Honda BeAT terbilang moncer. Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) Toshiyuki Inuma mengatakan sejak kelahiran BeAT generasi pertama tercatat sudah 17 juta unit mengaspal di Indonesia.

Keberhasilan Honda BeAT itu justru menjadi lelucon di internet. Lelucon itu seakan mem-bully Honda Beat sebagai motor "sobat misqueen" atau kalangan low budget.

Tentu tidak bisa dipukul rata, memang setiap motor yang hadir di pasaran tidak terlepas dari cibiran, tak terkecuali Honda Beat sebagai motor terlaris di dunia. Lelucon ini tak bisa dijadikan bahan serius. Warganet hanya membuat lelucon semata.

Lanjut, isi garasi lain yang dimiliki Edhy ialah dua unit mobil Pajero Sport tahun 2011 senilai Rp 270 juta, dan tahun 2017 seharga Rp 500 juta.

Selain itu Edhy juga diketahui memiliki sepeda tahun 2017 senilai Rp 65 juta. Terakhir, ia memiliki mesin genset Honda seharga Rp 45 juta.

KPK menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan (KPK) Edhy Prabowo. Ia ditangkap di Bandara Soekarno Hatta sepulang dari Amerika Serikat. Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron membenarkan hal tersebut.

"Iya betul ditangkap," kata Ghufron kepada detikcom, Rabu (25/11/2020).

Ghufron tidak menyebut rinci terkait penangkapan. Informasi lebih lanjut terkait penangkapan ini akan disampaikan resmi oleh KPK.

"Perkembangan lebih lanjut, nanti tunggu ekspose," ujarnya.



Simak Video "Edhy Prabowo Diciduk KPK, Ini Kata Staf Presiden "
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)