Senin, 22 Jun 2020 13:48 WIB

Intip Kendaraan Bupati Penajam Paser yang Sanggup Beli Pulau Malamber

tim detikcom - detikOto
Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Masud. Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud Foto: Usman Hadi/detikcom
Jakarta -

Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud belakangan menjadi sorotan terkait dugaan jual-beli Pulau Malamber yang diselidiki oleh Polres Mamuju, Sulawesi Selatan.

Dari keterangan warga yang menjual pulau, duit uang muka diserahkan oleh Bupati Penajam Paser Abdul Gafur Mas'ud. Pulau ini dikabarkan dijual seharga Rp 2 miliar.

"Transaksinya itu terjadi sejak bulan Februari 2020. Menurut keterangan (penjual) Raja (sebelumnya ditulis Rajab, red), transaksinya itu dilakukan di Balikpapan, walaupun itu dibantah oleh Pak Bupati, ya terserah mau dibantah atau mau diapa, ini kan keterangan si penjual," kata Kasat Reskrim Polres Mamuju AKP Syamsuriansyah saat dihubungi, Senin (22/6/2020).

Bila melirik Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disampaikan pada 22 April 2020 Abdul Gafur memiliki total kekayaan sebesar Rp 36.601.376.075 (Rp 36,6 miliar). Sebagian besar di antaranya merupakan tanah dan bangunan yang berlokasi di Balikpapan senilai Rp 34.195.375.075 (Rp 34,1 miliar).

Sementara untuk alat transportasi dan mesin, Abdul Gafur tercatat memiliki 4 kendaraan bermotor. Untuk kendaraan roda empat, Abdul Gafur memiliki mobil di atas umur 5 tahun, di antaranya Ford Fiesta tahun 2011 senilai Rp 199 juta, Honda City 2009 Rp 180 juta, dan Honda CR-V tahun 2008 Rp 150 juta.

Sedangkan sepeda motor, ia hanya tercatat memiliki satu unit matic yang pernah berjaya di masanya, yakni Yamaha Mio Soul tahun 2007 yang ditaksir Rp 5 juta.

detikcom menanyakan kepada Gafur apakah pulau itu sudah dia bayar. Gafur mengatakan bahwa dia bisa membeli pulau itu jika dijual.

"Kalau dijual, saya masih mampu untuk membelinya. Jangan dipikir saya nggak punya duit. Dan ini harus diluruskan karena menyangkut nama keluarga, pemerintahan PPU, dan yang terpenting adalah masyarakat Penajam Paser Utara," jelasnya.



Simak Video "KPK Tunggu 6 Menteri dan Wamen Yang Belum Lapor LHKPN"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com