Minggu, 03 Mei 2020 18:28 WIB

Inspirasi Kim Jong Un Soal Lusinan Bodyguard Berlari di Sisi Mobilnya

Ridwan Arifin - detikOto
Penampakan Perdana Kim Jong Un Usai Dikabarkan Meninggal

Media pemerintah Korut merilis foto-foto Kim Jong Un muncul di depan publik, menyusul spekulasi kuat bahwa dirinya sakit keras atau bahkan meninggal. Penampakan perdana Kim Jong Un Foto: AP Photo
Jakarta -

Kehidupan Kim Jong Un diselimuti misteri, sempat dikabarkan meninggal kini dirinya muncul ke publik setelah 20 hari hilang. Orang nomor satu di Korea Utara itu tentu punya pengamanan yang ketat, salah satu yang paling menyorot ialah bodyguard yang jogging di samping mobil presiden.

Misalnya saat lawatan ke Korea Selatan, Singapura, dan Amerika Serikat. Kim Jong-Un membawa 12 bodyguard yang berderap di sekeliling limo-nya.

Mata dunia memandang cara pengawalan ini sebagai hal yang aneh. Ada mobil melaju yang dikawal selusin orang dengan berlari.

Tetapi bukankah mobil kepresidenan pasti antipeluru, mengapa pengawal tetap membentengi mobil itu dengan berlari. Lalu darimana inspirasi Kim Jong Un ini?

KTT Kim-Trump: Siapa para pengawal yang berlari-lari sekeliling limusin Kim Jong-un?KTT Kim-Trump: Siapa para pengawal yang berlari-lari sekeliling limusin Kim Jong-un? Foto: BBC World

Mengutip Business Insider, Minggu (5/3/2020) dalam buku "The Great Successor: The Divinely Perfect Destiny of Brilliant Comrade Kim Jong Un", racikan Anna Fifield diceritakan.

"Kim dapat ide benteng manusia ini dari Clint Eastwood," tulisnya.

"Sebagai anak laki-laki, dia sudah menonton film 'In the Line of FIre', di mana Eastwood sebagai agen rahasia yang bertugas menjaga John F. Kennedy ketika dia dibunuh pada tahun 1963. Eastwood dan agen-agen lainnya berjalan berdampingan dengan mobil presiden," kata buku Fifield.

Sedikit gambaran, Clint Eastwood yang berperan sebagai Frank Horigan digambarkan sosok yang bisa melakukan pengawalan dengan baik. Pun sebaliknya, kekecewaan besar saat tidak bisa menjalankan pekerjaan dengan sempurna.

Pengawal pilihan

Para pengawal Kim Jong Un adalah bagian dari Komando Pengawal, unit militer yang bertugas memastikan keselamatan pemimpin Korut, yang merupakan institusi elite yang dekat dengan penguasa Korut. Personelnya dipilih Jong-Un secara cermat berdasarkan kebugaran, keahlian menembak, ilmu beladiri, dan penampilan.

Pembelot dari Korut, Ri Yong Guk, menjelaskan ada enam lapis pengawal keamanan berbeda yang bertugas melindungi pemimpin Korut dalam kunjungan-kunjungan. Pengawalan ini sangat ketat.

"Semut pun sulit untuk menembusnya," ujar Ri Yong Guk yang pernah menangani detail keamanan untuk mantan pemimpin Korut, Kim Jong Il.



Simak Video "Nyaris Sebulan Menghilang, Kim Jong-un Minta Perketat Cegah Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com