Jumat, 13 Mar 2020 07:00 WIB

Selain Komentari MotoGP, Matteo Jual Motor yang 'Haram' Dibawa ke Pasar

Ridwan Arifin - detikOto
Beta Motor Indonesia meluncurkan dua motor baru Matteo saat meluncurkan dua motor merek Beta Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Matteo Guerinoni dikenal sebagai komentator MotoGP. Namun belum banyak orang tahu sisi lainnya sebagai chef yang ahli bikin gelato enak, kini ia mulai menggeluti bisnis baru menjual motor Beta, merek asal Italia.

"Tentu perusahaan kita itu adalah perusahaan gelato, tetapi karena kita memiliki passion di roda dua, dan ada kesempatan untuk membawa brand Italia ke Indonesia. Kita jadi importir motor Beta, kita memulai bisnis itu satu tahun yang lalu," ujar Matteo selaku CEO PT Roma Motor Utama importir resmi Beta Motor saat peluncuran di kantornya, Jl. Buaran No. 8, Serpong, Tangsel, Kamis (12/3/2020).

Motor offroad Beta yang diluncurkan Matteo. Motor offroad Beta yang diluncurkan Matteo. Foto: Ridwan Arifin

Berbicara tentang peluang motor dirt bike ini di Indonesia, Matteo mengaku bakal berhadapan dengan dua pabrikan besar seperti KTM dan Husqvarna yang sudah dikenal namanya di dunia enduro.

"Kita mulai kerja keras untuk membuat brand awareness, kalian mungkin tahu di Indonesia yang terkenal sekali ada KTM dan Husqvarna, kenapa dua motor itu, karena KTM adalah perusahaan yang besar sekali yang perusahaan yang juga ada di dunia MotoGP. Untuk melawan perusahaan itu nggak akan bisa, tapi untuk kasih alternatif untuk motor tetap bagus dengan harga lebih menarik, kita membawa motor Beta," ujar Matteo.

Motor Beta akan dijual secara off the road. Artinya, tidak dilengkapi dengan dokumen atau surat-surat, baik itu Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) atau Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Motor Beta akan dijual secara off the road. Artinya, tidak dilengkapi dengan dokumen atau surat-surat, baik itu Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) atau Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Foto: Ridwan Arifin

Matteo mengatakan motor ini dibuat khusus untuk menyalurkan hobi atau kompetisi off road. Secara spesifik digunakan untuk kebutuhan khusus, baik balap, hobi, atau sekadar olahraga.

Motor Beta akan dijual secara off the road. Artinya, tidak dilengkapi dengan dokumen atau surat-surat, baik itu Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) atau Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

"Motor ini adalah motor yang tidak boleh dipakai di jalan raya, bukan motor untuk jalan-jalan ke supermarket atau ke pasar," ujar dia sembari tertawa.

Untuk dapat legal di jalan raya, selain dokumen kepemilikan sepeda motor adalah kelaikan kendaraan. yang dimaksud yaitu adanya sistem pencahayaan seperti lampu serta spion. Sedangkan, motor trail untuk penghobi umumnya tidak dilengkapi dengan perangkat itu.

Matteo pun mengungkapkan idealnya membawa motor enduro yang tidak legal di jalan dari satu tempat ke tempat lain adalah menggunakan mobil atau towing.

"Jadinya kita nggak ada pelat nomor, nggak boleh main di jalan raya, kalau mau main harus dibawa pakai trailer atau truk di bawa main ke lapangan, abis itu dinaikin lagi untuk dibawa pulang,"



Simak Video "Tampang dan Fitur Baru di Honda CBR250RR"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com