Senin, 21 Okt 2019 16:32 WIB

Mobil Rp 3,8 Miliar Airlangga Hartarto, dari Jaguar sampai Innova

Dina Rayanti - detikOto
Airlangga Hartarto. Foto: Ari Saputra Airlangga Hartarto. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Ada lima jenis alat transportasi dan mesin yang didaftarkan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 4 April 2019.

Kelima mobil tersebut didaftarkan Airlangga sebagai bagian dari harta kekayaan pribadi miliknya. Total kekayaan Airlangga dari sektor alat transportasi mesin bernilai Rp 3.859.600.000.


Kelima mobil milik Airlangga yang menyentuh Rp 3,8 miliaran itu terdiri dari satu unit Jaguar tahun 2010 senilai Rp 460 juta, Toyota Vellfire 2017 yang ditaksir punya harga Rp 1.019.600.000, Toyota Land Cruiser tahun 2014 Rp 1,9 miliar, Toyota Kijang Innova 2015 senilai Rp 230 juta, dan Toyota Kijang Innova 2016 seharga Rp 250 juta. Keseluruhan mobil diperoleh Airlangga dari hasil sendiri.

Sementara secara total selain alat transportasi dan mesin, Airlangga mempunyai harta kekayaan senilai Rp 81,5 miliar yang terdiri dari Tanah dan Bangunan, harta bergerak lainnya, surat berharga, kas dan setara kas, harta lainnya, serta telah dikurangi hutang.

Airlangga sendiri sebenarnya cukup akrab dengan dunia otomotif Indonesia, terutama sejak menjabat sebagai Menteri Perindustrian.


Nama Airlangga juga cukup dikenal terkait perkembangan mobil ramah lingkungan di Tanah Air. Di bawah Airlangga, para pabrikan diminta untuk mengembangkan kendaraan yang lebih ramah lingkungan didorong dengan adanya pemberian insentif.

Ketua Umum Partai Golkar itu baru saja muncul di Istana Kepresidenan. Airlangga menggunakan kemeja putih dan celana hitam laiknya calon menteri lain yang dipanggil oleh Presiden Joko Widodo. Belum diketahui apakah Airlangga akan meneruskan kinerjanya sebagai Menteri Perindustrian atau berganti jabatan. Keluar Istana Kepresidenan, Airlangga sudah dijemput oleh Toyota Land Cruiser berwarna hitam. (dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com