Bamsoet Punya Mobil Belasan Miliar, Bagaimana dengan Muzani?

Dina Rayanti - detikOto
Kamis, 03 Okt 2019 15:38 WIB
Ahmad Muzani (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Nama Ahmad Muzani tengah disorot di tengah pencalonannya sebagai Ketua MPR periode 2019-2024 bersaing dengan mantan Ketua DPR Bambang Soesatyo. Tak terkecuali harta kekayaan miliknya termasuk daftar kendaraan kepunyaan politikus partai Gerindra tersebut.

Tercantum dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Muzani yang disetornya secara periodik pada Desember 2018, ada empat kendaraan bertengger di sana.


Keempat kendaraan tersebut terdiri dari empat mobil yang terdiri dari dua SUV, satu MPV, dan satu MPV di kelas Premium.

Muzani mempunyai Honda Freed keluaran tahun 2011 dengan nilai taksiran Rp 125 juta yang diperolehnya dari hasil sendiri, kemudian Mitsubishi Pajero Sport tahun 2012 senilai Rp 250 juta, Toyota Vellfire tahun 2015 senilai Rp 500 juta, dan Toyota Fortuner 2016 dengan taksiran Rp 350 juta.

Keempat mobil tersebut diperoleh Muzani diperolehnya dari hasil sendiri. Secara total keempat mobil Muzani mempunyai harga Rp 1,225 miliar. Apabila ditotal dengan harta lainnya, maka Muzani memiliki kekayaan senilai Rp 25.688.706.000.

Koleksi mobil Muzani memang tak seberapa jika dibandingkan dengan pesaingnya yang sama-sama tengah memperebutkan kursi MPR-1 Bamsoet. Bamsoet tercatat punya 13 kendaraan yang tediri dari 11 mobil dan 2 motor.


Koleksi mobil Bamsoet bukan ecek-ecek. Untuk mobil misalnya, Bamsoet memiliki mobil Bentley, Rolls-Royce, Ferrari, Lamborghini dan sederet merek lainnya. Pun demikian dengan motor. Dua motor Bamsoet merupakan moge asal Amerika Harley-Davidson.

Jika ditotal, untuk kendaraan Bamsoet telah merogoh kocek sekitar Rp 18 miliaran.

Simak Video "Proyek Mangkrak Hingga Analogi Poco-poco di Balik Usulan Amandemen"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)