Senin, 12 Agu 2019 14:22 WIB

Bagi Mahathir Mohamad, Nyetir Mobil adalah Kesenangan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mahathir sopiri Jokowi. Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr Mahathir sopiri Jokowi. Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr
Jakarta - Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad merupakan petinggi negara senior. Usianya yang sudah menginjak 94 tahun, Mahathir masih terlihat bugar. Bahkan, di usia yang hampir seabad kerap kali Mahathir menyetir mobil sendiri.

Yang terbaru, Perdana Menteri Malaysia itu mengajak Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) naik mobil nasional Malaysia, sebuah Proton Persona berkelir merah. Mahathir bertugas nyetir mobil tersebut sementara Jokowi duduk sebagai penumpang depan.



"Bapak Tun Mahathir sungguh pemimpin senior yang enerjik dan pekerja keras. Bukan hanya soal urusan negara, mobil pun beliau setir sendiri. Bisa ngebut juga. Ini kali kedua saya menumpang di mobil yang dikemudikan Bapak Tun Mahathir," cuit Jokowi lewat akun Twitter-nya @jokowi.

Ternyata, nyetir mobil sendiri merupakan sebuah hobi Mahathir. Hal itu diakui Mahathir saat diwawancarai oleh Najwa Shihab seperti dalam video di channel YouTube Najwa Shihab.

"Setiap akhir pekan saya selalu menyetir mobil keliling melihat keadaan. Itu satu-satunya kesenangan bagi saya," kata Mahathir.



Jokowi dalam vlognya juga menyampaikan kekagumannya soal kemahiran Mahathir menyetir di usia yang tak lagi muda.

"Setir sendiri, ngebut juga. Inilah beliau, pemimpin senior yang masih enerjik, kerja keras dari pagi siang dan malam. Dan masih setir mobil sendiri," kata Jokowi.

Bahkan, Jokowi pernah diajak ngebut oleh Mahathir pada 2015 lalu saat berkunjung ke Malaysia. Kehadiran Jokowi kala itu bersama Mahathir untuk mengetes (test drive) mobil pabrikan Malaysia, Proton. Meski sudah berusia lanjut, kemampuan menyetir Mahathir tak diragukan.

"Saya ingat betul tahun 2015 saat saya berkunjung ke Kuala Lumpur, Malaysia, saya diajak Bapak Tun Mahathir untuk test drive mobil Proton. Disetir sendiri Bapak Mahathir dengan kecepatan 180 kilometer per jam. Sangat cepat," kata Jokowi saat itu.

Simak Video "Angin Segar untuk Go-Jek di Tengah Kontroversi Mengaspal di Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com