Senin, 01 Jul 2019 11:41 WIB

Valentino Rossi Terjatuh, Salah Motor atau Pebalapnya?

Dina Rayanti - detikOto
Valentino Rossi. Foto: Mirco Lazzari gp / Getty Images Valentino Rossi. Foto: Mirco Lazzari gp / Getty Images
Assen - Untuk ketiga kalinya Valentino Rossi gagal menyelesaikan balapan karena terjatuh. Usai memulai balapan dari posisi ke-14, Rossi harus terjatuh saat berusaha membalap Takaaki Nakagami dalam perebutan posisi kesepuluh.

Padahal di Sirkuit Assen, penampilan para pebalap Yamaha lain yang juga menunggangi YZR-M1 sedang cemerlang. Apa yang sebenarnya dialami Rossi?


"Itu benar-benar memalukan. Saya memulai akhir pekan ini dengan buruk. Tapi masalah sesungguhnya adalah motor terlalu pelan. Kami memang melakukan beberapa perubahan pagi ini dan berjalan cukup baik. Kami memilih ban dengan tepat dan catatan waktu saya lebih cepat dibandingkan pada sesi latihan bebas," ungkap Rossi dilansir GPOne, Senin (1/7/2019).

Meski terjatuh, Rossi menganggap Yamaha YZR-M1 berangsur-angsur mulai mengalami perbaikan walaupun tak signifikan.

"Kami (Yamaha) harus menemukan formula yang lebih baik untuk saya. Tiga balapan lalu saya kesulitan menang dan saya masih menjadi pebalap Yamaha dengan poin terbanyak meski tiga balapan terakhir hanya 0. Tampaknya motor belum banyak berubah pada Mei dan Juni. Kami memang tengah menghadapi masalah, terkadang kami tak bisa memperbaikinya dari sisi teknis," jelasnya.

Bicara soal balapan, yang dibahas tak hanya motor. Sang pebalap sendiri juga turut menentukan hasil akhirnya. Buktinya dengan menunggangi motor yang sama, ketiga pebalap Yamaha lainnya meraih hasil lebih baik darinya. Maverick Vinales misalnya berdiri di podium pertama, Fabio Quartararo di tempat ketiga, sementara Franco Morbidelli finish di posisi kelima. Apa kata Rossi soal hal itu?


"Masalahnya mungkin saja dari pebalap, bisa iya bisa tidak. Saya pikir untuk masalah ini sulit dijelaskan. Yang jelas Yamaha cukup kuat di sini. Di Barcelona kami mendapat satu podium, sementara di Assen kami mendapat dua podium. Kami perlu mencari benang merahnya," pungkas Rossi.

Simak Video "Kebersamaan Rossi dan Yamaha di MotoGP Segera Berakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com