Senin, 03 Jun 2019 14:26 WIB

Barisan Kendaraan yang Melepas Mendiang Ani Yudhoyono

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Anggota keluarga menaburkan bunga di pusara Ani Yudhoyono (Andhika/detikcom) Foto: Anggota keluarga menaburkan bunga di pusara Ani Yudhoyono (Andhika/detikcom)
Jakarta - Puluhan kendaraan nampak berbaris mengawal jenazah Ibu Negara ke-6 RI Ani Yudhoyono ke peristirahatan terakhirnya di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata dari Kediaman Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Mulai dari kendaraan kecil roda dua sampai bus militer mengiringi penghormatan terakhir.

Iring-iringan yang jadi salah satu rangkaian upacara pemakaman secara militer tersebut berlangsung sekitar 45 menit. Keluarga SBY yang terdiri dari kedua puteranya yaitu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), serta dua menantu Ani Yudhoyono, Annisa Pohan dan Aliya Rajasa pun ikut rombongan.

Berdasarkan urutan, puluhan kendaraan tadi terbagi atas 8 barisan. Di mana Voorijder yang menjadi pembuka jalannya. Pada barisan ini, diisi oleh polisi dan paspampres serta beberapa polisi militer. Mereka kompak menggunakan moge Honda Gold Wing GL1800, BMW R1200GS, dan Yamaha FZ1 berkelir hitam.

Rombongan sampai di TMP KalibataRombongan sampai di TMP Kalibata Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom



Tepat di belakang sang pembuka jalan, terdapat kendaraan dari komandan upacara berupa Toyota Fortuner. Kendaraan berwarna gelap ini juga ditumpangi oleh beberapa fotografer. Lalu disusul oleh kendaraan pasukan upacara.

Setelah itu, barisan diisi oleh kendaraan pengusung dan protokol. Tepat dibelakangnya barulah kereta jenazah yang membawa mendiang Ani Yudhoyono diikuti oleh kendaraan inspektur upacara barisan kendaraan keluarga. Barisan besar itu diikat oleh Honda Gold Wing GL1800 yang dibawa oleh polisi militer.

Untuk mobil yang dikenakan oleh barisan ini ialah Toyota Alphard. Satu diantaranya ditumpangi oleh SBY.

Salah satu mobil pelayat Foto: Grandyos Zafna




Barisan terakhir ada rombongan pelayat dan pengaman tambahan yang menggunakan bus militer.

Sesampainya di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, rombongan disambut oleh berbagai tokoh diantaranya Presiden Joko Widodo (Jokowi), BJ Habibie, Sinta Nuriyah, Megawati Soekarnoputri, dan sejumlah menteri kabinet Jokowi. Ada pula Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Ani Yudhoyono meninggal dunia karena kanker darah pada Sabtu (1/6) di Singapura. Jenazah Ani kemudian dibawa ke Indonesia dan disemayamkan di Cikeas.

Jokowi jadi inspektur upacaraJokowi jadi inspektur upacara Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi


Sebelumnya, sejumlah tokoh ikut salat jenazah di Cikeas. Lewat upacara militer, jenazah Ani kemudian diserahkan dari keluarga ke pemerintah untuk dimakamkan.





Simak Juga ' Eksklusif, Suasana di Pesawat yang Membawa Jenazah Ibu Ani ':

[Gambas:Video 20detik]

(ruk/ruk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com