Sabtu, 13 Apr 2019 19:05 WIB

Mobil Presiden Putin Bikin Bos Mercy Kagum

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Moskow - Presiden Rusia Vladimir Putin sudah mempunyai mobil kepresidenan baru yang disebut Aurus Senat. Mobil itu bikin para bos Mercedes-Benz terkagum-kagum.

Hal ini terjadi saat Putin meresmikan pabrik baru Mercy di kawasan dekat Moskow, Rusia. Putin datang menumpangi mobil limo-nya yang keren. Setelah turun dari mobilnya, dia disambut oleh beberapa pembesar Mercy salah satunya Dieter Zetsche, bos Daimler.



Salah seorang bos Jerman berkata pada Putin kalau dia punya sebuah mobil yang cantik.

Putin
kemudian membalasnya dalam bahasa Jerman. "Ja, sehr schon (ya sangat cantik)," ujar Putin seperti dilansir dari RT, Sabtu (13/4/2019).

Aurus Senat dikembangkan oleh Central Scientific Research Automobile and Automotive Engines Institute (NAMI) di Moskow dan mulai dikenalkan ke publik Rusia pada bulan September 2018.



Mobil diperkuat dengan mesin V8 berkapasitas 4,4 liter yang sanggup mengeluarkan tenaga sampai 598 daya kuda. Selain bertenaga mobil juga dilengkapi dengan material anti-peluru. Mesin ini disuplai oleh Porsche.

Porsche menyediakan salah satu dari 2 mesin yang tersedia untuk proyek mobil dinas Vladimir Putin, Kortezh. Mesin itu kabarnya merupakan mesin 4,6 liter V8 turbocharged yang menghasilkan tenaga sampai 600 hp dan torsi 650 ft-lb. Mesin kedua disediakan oleh NAMI yang lebih besar yakni 6,6 liter untuk menghasilkan tenaga sampai 860 daya kuda dan torsi 737 ft-lb of torque.

Selain dengan Porsche, NAMI juga bekerja sama dengan Bosch untuk mengembangkan kendaraan lain selain limosin untuk Putin. Proyek Kortezh memang bukan hanya untuk membuat mobil limosin Putin tapi juga model mobil lain untuk pejabat pemerintah.

[Gambas:Youtube]

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed