Selasa, 29 Jan 2019 11:40 WIB

Cabut dari Renault, Pesangon Carlos Ghosn Bisa Sampai Rp 450 M

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Reuters/Steve Marcus/File Photo Foto: Reuters/Steve Marcus/File Photo
Paris - Menteri Keuangan Prancis, Bruno Le Maire uang pesangon untuk mantan kepala Renault, Carlos Ghosn, yang dipaksa untuk mengundurkan diri tidak boleh terlalu tinggi. Le Maire menambahkan saat ini pemerintah Prancis sedang membahas masalah ini dengan cermat.

Renault yang minggu ini menunjuk ketua dan kepala eksekutif pengganti Ghosn belum menyelesaikan paket pesangon mantan bosnya tersebut. Masalah ini berpotensi menimbulkan kehebohan di Prancis di mana pemerintah sedang menghadapi protes atas upah rendah dan ketidaksetaraan.



"Tidak ada yang akan mengerti jika pesangon Carlos Ghosn terlalu tinggi, kita akan sangat waspada menyelesaikan masalah ini," kata Bruno Le Maire kepada radio France Inter.

Serikat Pekerja Prancis, Confédération générale du travail (CGT) memperkirakan paket pesangon Ghosn bernilai USD 28-32 juta atau sekitar Rp 450 miliar. Di samping itu ada dana pensiun yang akan diterimanya sebesar USD 913,436 atau setara Rp 12 miliar.



Le Maire menolak untuk memberikan pendapat mengenai uang sekiranya akan diterima Ghosn berdasarkan perhitungan dari CGT. Dia justru mengatakan pemerintah Prancis sebelumnya telah berhasil memotong gaji Ghosn pada tahun 2018 sebesar 30 persen total yang ia terima pada tahun 2017 sebesar 7,4 juta euro atau sekitar Rp 118 miliar.

Menteri Keuangan juga akan mengusulkan dalam undang-undang agar mewajibkan bos perusahaan besar yang berbasis di Prancis untuk menjadikan negara itu tempat pembayaran pajak mereka. Perubahan tersebut ditujukan kepada perusahaan-perusahaan besar tertentu yang terdaftar pada indeks CAC-40 dan SBF-120 di pasar saham Paris, bersama dengan perusahaan yang berisikan investasi negara.

Le Maire mengungkapkan undang-undang itu akan mencakup sanksi bagi kepala perusahaan yang melanggar aturan.




Simak juga video 'Menkeu Prancis: Ghosn Tak Mampu Lagi Memimpin Renault':

[Gambas:Video 20detik]

(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com