Jumat, 06 Jul 2018 17:46 WIB

Kenapa Pesepakbola Suka Hamburkan Uang Beli Mobil Mewah?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil Bugatti Veyron Foto: Agung Pambudhy Mobil Bugatti Veyron Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pemain sepak bola bergaji mahal kerap kali menunjukkan gaya hidup mewahnya. Rumah mewah, pakaian keren, hingga mobil mahal sekalipun menjadi koleksinya.

Mobil yang diproduksi terbatas dan eksklusif pun menjadi pilihan mereka. Seperti Cristiano Ronaldo yang salah satu koleksi mobilnya adalah Bugatti Veyron. Harga mobil itu tentu tidak murah. Diproduksi secara eksklusif harga mobil itu bisa sampai puluhan miliar rupiah.

Tak cuma satu mobil keren, Ronaldo disebut memiliki Lamborghini Aventador dengan harga US$ 350.000, Bentley Continental GTC seharga US$ 220.000, Mercedes Benz Sports Coupe US$ 70.000, hingga BMW M6 US$ 160.000.

[Gambas:Instagram]



Kecenderungan pesepakbola yang menginvestasikan uangnya dengan membeli mobil keren bukan cuma Ronaldo. Contoh lain rivalnya, Lionel Messi, juga demen mengoleksi mobil mewah yang harganya miliaran rupiah. Messi disebut punya Maserati GranTurismo S, Ferrari F430 Spider, Audi R8 V10, MINI Cooper, Dodge Charger SRT8, Audi R8 Spyder, Cadillac Escalade, Audi Q7, Range Rover Vogue, Toyota Prius, Lexus RX, Audi A7, Mercedes SLS.

Mobil Audi untuk Lionel MessiMobil Audi untuk Lionel Messi Foto: Alex Caparros/Getty Images for AUDI


Ronaldo dan Messi cuma contoh pemain bintang bergaji tinggi yang punya banyak koleksi mobil mewah. Tentunya bukan cuma dua pemain bintang itu yang membeli mobil mewah. Masih ada nama-nama pemain sepak bola lainnya yang mengoleksi mobil-mobil keren nan eksklusif dan mahal.

Pada kenyataannya, saat ini mobil bukan hanya sebagai transportasi darat yang dibutuhkan banyak orang untuk mobilitas dari titik A ke titik B. Lebih dari itu, kendaraan roda empat tersebut juga menjadi simbol kebanggaan diri seseorang. Mobil menjadi tanda kesuksesan seseorang. Apalagi jika seseorang itu membeli mobil mewah.

Wajar saja, pemain sepakbola pemilik mobil mewah rata-rata memiliki gaji tinggi. Bermain beberapa jam saja gajinya sudah bisa membeli satu mobil mewah.

Mengingat gaji pemain bintang semakin tinggi, pengeluaran mereka pun ikut naik. Mereka menghabiskan uangnya untuk memanjakan diri dengan gaya hidup mewah. Mobil dengan harga hingga puluhan miliar pun rela dibelinya.

Barang-barang mahal sering dicap sebagai produk berkualitas tinggi dan eksklusif. Karena nilai-nilai itulah, pemain sepak bola kenamaan rela menghabiskan banyak uang untuk membeli mobil yang harganya fantastis.

Dikutip dari BBC, ada alasan psikologis mengapa seseorang rela menghabiskan uang banyak untuk membeli barang mahal seperti mobil mewah. Seorang psikolog dan profesor administrasi bisnis di Harvard Business School, Michael Norton, mengatakan jika sebuah produk dibanderol dua kali lebih mahal, maka pembeli menganggap produk itu berkualitas dua kali lebih baik juga.



Alasan lain mengapa pesepakbola ternama membeli mobil mewah adalah simbol kesuksesannya. Sebagian orang menghabiskan uang banyak untuk memberi sinyal bahwa mereka telah sukses. Tentu ini tak hanya berlaku untuk pemain sepak bola. Mereka yang sudah sukses secara materi juga akan menghabiskan uang untuk produk mewah tersebut.

Bukan cuma itu, seseorang akan membeli barang mewah seperti mobil mahal karena mereka pikir itu akan membuatnya bahagia. Norton, yang juga menulus Happy Money: The Science of Happier Spending, mengatakan kebahagiaan yang didapatkan dari membelanjakan uang akan bergantung pada bagaimana seseorang membelanjakannya.

Jadi, wajar saja pemain sepakbola ternama memiliki koleksi mobil mahal. Itu menjadi hak mereka membelanjakan uang hasil keringatnya sendiri. Yang pasti, mereka harus bertanggung jawab mengendarai mobil super cepat di jalan raya, jangan sampai membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com